Bima Arya Terima Penghargaan Lencana Pancawarsa II

Wali Kota Bogor, Bima Arya yang juga Ketua Majelis Pembimbing Cabang (Mabicab) Gerakan Pramuka Kwartir Cabang (Kwarcab) Kota Bogor menerima penghargaan Lencana Pancawarsa II.

Lencana Pancawarsa merupakan tanda penghargaan yang diberikan kepada anggota dewasa Gerakan Pramuka.

Penghargaan tersebut diberikan atas kesetiaannya kepada organisasi dan keaktifannya melakukan kegiatan orang dewasa Gerakan Pramuka selama lima tahun atau kelipatannya secara terus-menerus.

Penghargaan disematkan langsung Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil selaku Ketua Majelis Pembimbing Daerah (Mabida) Gerakan Pramuka Kwartir Daerah (Kwarda) Jawa Barat.

“Selamat Hari Jadi ke-58 bagi Pramuka, tetap jaga NKRI. Pramuka Jawa Barat siap kawal NKRI, siap untuk terus menguatkan kebangsaan dan persatuan,” kata Bima yang didampingi Kadisdik Kota Bogor, Fahrudin dan jajaran pengurus Gerakan Pramuka Kwarcab Kota Bogor saat menghadiri Peringatan Hari Jadi Pramuka Ke-58 Tingkat Jawa Barat di Stadion Pakansari, Cibinong, Kabupaten Bogor, Kamis (22/08/2019).

Dalam Peringatan Hari Jadi Pramuka Ke-58 Tingkat Jawa Barat ini sejumlah atraksi ditampilkan, mulai dari kolone tongkat oleh 17.100 anggota Gerakan Pramuka Kwarda Jawa Barat yang masuk dalam catatan Museum Rekor Indonesia (MURI) dan dunia juga dimeriahkan penyanyi Judika.

Torehan ini menjadi rekor MURI yang ketujuh yang dibuat Gerakan Pramuka Kwarda Jawa Barat.

Selain itu, ada aksi terjun payung oleh 6 penerjun yang membawa bendera Gerakan Pramuka dan Merah Putih, dimana salah satu penerjunnya adalah seorang wanita. Unjuk gelar dengan tema sejarah pramuka Indonesia juga ditunjukkan oleh 500 anggota Gerakan Pramuka.

Ketua Mabida Jawa Barat yang juga Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil menyampaikan apresiasi kepada Ketua Kwarda Jabar beserta para pengurus Kwarda 2015-2019 yang telah mengantarkan pramuka Jawa Barat menjadi yang terbaik di tingkat nasional.

Menurutnya, generasi muda harus memiliki nilai kompetitif produktif sebagai satu dari tiga syarat untuk menjadi negara adidaya dan semua itu terdapat dalam sosok pramuka. Sebab, Pramuka adalah sosok teladan, kepemimpinan terbaik adalah dengan keteladanan.

“Saya mendorong terus program Pramuka Jabar selalu menjadi teladan dalam nilai kesehariannya di semua lingkungan. Kami ingin Pramuka terdepan dalam skill digital di era revolusi industri 4.0, terdepan memberantas narkoba, menyampaikan pesan positif, membela Pancasila dan mengamalkan nilai-nilai Pancasila, melawan radikalisme dan terdepan sebagai pemuda teladan contoh bagi masyarakat,” katanya.

Ketua Kwarda Jawa Barat, Dede Yusuf menyebutkan, Peringatan Hari Jadi Pramuka Ke-58 Tingkat Jawa Barat menjadi momen penting karena upacara terakhir bagi pengurus Kwarda Jawa Barat periode 2010-2015 dan 2015-2020.

Selama 9 tahun dia menyebut, banyak prestasi diraih, meningkatnya jalinan kerja sama yang baik dengan pihak-pihak terkait, di samping meningkatnya kualitas dan kuantitas kegiatan dewasa dan muda anggota gerakan Pramuka Jawa Barat berkat dukungan semua pihak di Jawa Barat.

“Kita senantiasa meningkatkan dan memperluas scouting skill bersertifikat sebagai bekal anggota Pramuka agar menjadi manusia unggul di dunia kerja. Melihat banyaknya peserta yang memeriahkan Hut Pramuka ke-58, banyaknya atraksi maka saya bisa katakan, peringatan HUT Pramuka ke-58 tingkat Jawa Barat memiliki rasa nasionalisme,” katanya. (Nai/Hms)




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *