Gerowong, Kondisi Jembatan Situ Duit Memprihatinkan

Kota Bogor – bogorOnline.com

Kondisi bangunan jembatan Situ Duit yang berlokasi di Jalan Ahmad Yani, Kota Bogor, mulai memprihatinankan. Pasalnya, bangunan bagian bawah yang dialiri sungai Ciliwung tampak gerowong atau berongga besar.

Menanggapi hal itu, Kepala Bidang Pembangunan Jalan dan Jembatan pada Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Kota Bogor, Wawan Gunawan membenarkan bahwa kondisi yang terjadi pada pondasi jembatan tersebut. Namun dikarenakan anggaran perbaikan belum ada maka antisipasi saat ini akan dilakukan pemeliharaan.

“Mungkin untuk sementara langkah awalnya kita masuk pemeliharaan dulu. Kedepannya kita kaji keseluruhan apakah perlu dinaikan atau perubahan konstruksi,” kata Wawan kepada sejumlah awak media, baru-baru ini.

Ia melanjutkan, bahwa kegiatan pemeliharaan akan dilakukan secepatnya yang kemungkinan penguatan pada struktur, seperti menggunakan bronjong atau yang lainnya.

Sedangkan untuk perbaikan secara menyeluruh di jembatan yang menjadi akses jalan utama bagi masyarakat tersebut, menurut Wawan membutuhkan waktu tunggu yang cukup lama. Sebab, pada 2020 pembangunan pelebaran jembatan yang pertama dilakukan adalah Jembatan Otista.

Dikatakan olehnya, kemungkinan untuk jembatan Situ Duit akan dibuatkan dahulu Detail Engineering Design (DED) pada 2020. Sehingga di tahun berikutnya bisa dilakukan pembangunan. Termasuk pada Jembatan Sempur yang ada di Jalan Jalak Harupat.

“Kalau seandainya 2020 dibangun Sempur dan Situ duit maka akan terjadi macet keseluruhan, karena itu mungkin di tahun 2021 atau 2022 baru bisa dilaksanakan kegiatan itu,” tandasnya. (HRS)