MPP Bisa Cetak KTP-el, Sehari 50 Blanko

Kota Bogor – bogorOnline.com

Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kota Bogor ambil bagian di Mal Pelayanan Publik (MPP) yang berlokasi di Plaza Keboen Raya Bogor, Babakan, Bogor Tengah, Kota Bogor.

Kepala Disdukcapil Kota Bogor, Sujatmiko Baliatro mengemukakan, bahwa dengan hadirnya pelayanan Disdukcapil di MPP setidaknya bisa mengurangi antrian para pemohon di kantor Disdukcapil maupun kecamatan.

“Di MPP sekarang ada pelayanan Disdukcapil. Jadi bisa mengurai antrian pemohon yang ada di kantor Disdukcapil dan juga di kecamatan,” kata Sujatmiko saat ditemui di MPP, Senin 19 Agustus 2019.

Di MPP, pengurusan administrasi kependudukan dilayani petugas mulai dari Kartu Tanda Penduduk elektronik (KTP-el), Kartu Identitas Anak (KIA), kartu Kepala Keluarga (KK) hingga Akta Kelahiran. Pelayanan buka pada jam kerja mulai pukul 10.00 – 16.00 WIB. Sedangkan Sabtu dari pukul 10.00 – 14.00 WIB.

“Konsepnya (MPP) nanti tentu kita ingin memberikan pelayanan terbaik sebagai rol model menjadi contoh pelayanan Disdukcapil di kecamatan. Di sini semua sehari bisa selesai,” imbuhnya.

Kecuali, sambung dia, untuk percetakan KTP-el sementara ini disediakan kurang lebih 50 keping blanko khusus bagi perekaman pertama setiap harinya. Hal ini dikarenakan melihat ketersediaan blanko.

“Untuk ini kita mengikuti irama suport blanko, tapi kita upayakan minimal 50 keping cetak KTP-el per hari. Di Januari 2020 nanti barulah sudah tidak ada masalah terkait blanko. Informasinya begitu,” tuturnya.

Saat ini, pihaknya hanya mendapatkan jatah 500 blanko disalurkan setiap minggu. Sedangkan dari kebutuhan untuk percetakan KTP-el bisa mencapai 500 blanko setiap hari.

“Jadi (pemohon) di aplikasi e-manduk banyak yang belum tercetak,” tandasnya. (HRS)