Surati Wali Kota, Kuasa Hukum Warga Minta IMB Apartemen TSB Ditinjau Ulang

Kota Bogor – bogorOnline.com

Warga terdampak pembangunan apartemen The Swiss Belresidence (TSB) milik PT Lorena Latersia Properti di Jalan Pajajaran V, Kelurahan Baranangsiang, Kecamatan Bogor Timur, Kota Bogor akhirnya melayangkan surat mengenai keberatannya kepada Wali Kota Bogor Bima Arya melalui kuasa hukumnya, Gunara SH, MH dari Gunara, Cahyaka & Partners.

Gunara mengungkapkan, pihaknya telah mengirim surat kepada wali kota Bogor yang ditembuskan ke DPRD dan sejumlah dinas terkait termasuk kelurahan. Intinya, kliennya tidak pernah memberikan izin sebagai pihak yang terdampak langsung sekitar lokasi proyek.

Ia melanjutkan, sudah banyak kerugian yang dialaminya sejak kegiatan pembangunan yang dilakukan mulai awal 2019 lalu, seperti kerusakan bagian bangunan rumah karena getaran, juga debu dan suara bising.

“21 Agustus 2019 lalu kita kirim surat ke wali kota Bogor dan sampai hari ini belum ada tindaklanjutnya baik balasnya, undangan maupun hal lainnya,” ungkap Gunara, Rabu 28 Agustus 2019.

Dalam surat itu tertuang tiga poin. Pertama, meminta semua aktifitas pembangunan dihentikan. Kedua, meminjau ulang Izin Mendirikan Bangunan (IMB) dengan Nomor 648.1-0907-IMB Tahun 2018. Dan terakhir wali kota diminta memerintahkan kepada instansi dibawahnya untuk memeriksa kembali semua persyaratan sebagai dasar terbitnya IMB berikut izin pendukung lainnya.

“Saya yakin IMB ini kekurangan persyaratan, salah satunya izin tetangga. Sepanjang tidak mendapatkan izin dari tetangga yang terdampak langsung maka saya anggap persyaratan sehingga keluarnya IMB cacat hukum,” tegasnya.

Gunara menambahkan, bahwa akhir-akhir ini malahan kegiatan pembangunan apartemen setinggi 10 lantai ditambah 1 basement itu berlangsung nyaris 24 jam. Sehingga kliennya yang telah tinggal sejak 2009 makin tak diberi kenyamanan di rumahnya sendiri.

“Ya, jika surat itu diabaikan, langkah kita kemudian menyurati Ombudsman. Atau langkah upaya lainnya. Kita ingin tahu dulu sejauh mana kepekaan Pemerintah Kota Bogor atas pembangunan yang terdampak langsung kepada warganya,” tandasnya. (HRS)

ARTIKEL REKOMENDASI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *