Vila Kebun Raya Cibinong Estate Turut Meriahkan HUT LIPI ke – 52

 

CiIBINONG – Direksi PT Samudra Bangun Raya dan stakeholder pengembang Vila Kebun Raya Cibinong Estate, kawasan perumahan yang dibangun di kawasan kebun raya Cibinong, tepatnya di tepi jalan lingkar LIPI, turut memeriahkan peringatan Hari Ulang Tahun Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) yang dipusatkan di Rumah Susun untuk peneliti di Kompleks LIPI Cibinong, Kabupaten Bogor, Jum’at (23/8).

Direktur Utama PT Samudra Bangun Raya, Much. Yhaeni mengatakan, partisipasi Vila Kebun Raya Cibinong Estate di HUT LIPI ke 52 tahun ini merupakan komitmen dukungan pihaknya untuk menyediakan hunian yang layak dan ramah lingkungan bagi pegawai LIPI yang memiliki tugas besar dari pemerintah untuk menyediakan SDM Indonesia yang unggul. “Kami ucapkan selamat ulang tahun untuk LIPI, semoga LIPI semakin bermanfaat untuk bangsa Indonesia,” ujarnya.

Dia menambahkan, Vila Kebun Raya Cibinong Estate akan diprioritaskan untuk memenuhi kebutuhan hunian pegawai LIPI. Karena itu, sarana yang akan dibangun juga akan memperhatikan kebutuhan rumah pegawai LIPI. “Kami mengusung konsep smart home, dengan fasilitas internet berkecepatan tinggi, konstruksi rumah tahan gempa dari WIKA Beton, dan juga Solar Water Heater dari WIKA,” katanya.

Keunggulan lainnya, lokasi kawasan Vila Kebun Raya Cibinong Estate ini, berada disekitar kawasan Cibinong Science Center-Botanical Garden yang akan menjadi pusat pengelolaan data hayati nasional dan berbagai infrastruktur riset lainnya yang bertaraf nasional. “Jadi kawasan ini merupakan kawasan yang sangat ramah lingkungan dan tentu bernilai investasi tinggi,” katanya.

Dalam kesempatan itu, Direktur Teknik PT Samudra Bangun Raya, Muhammad Solikin turut serta membagikan doorprize bagi pegawai LIPI, berupa lampu hemat energi solar cell produksi WIKA yg memberikan listrik gratis sampai 7 tahun.

Direktur Keuangan PT Samudra Bangun Raya, Sawaluddin menambahkan, untuk 50 unit pertama, pihaknya memberikan diskon bagi pegawai LIPI hingga Rp 200 juta per-unit, dan juga gratis pemasangan Solar Water Heater senilai Rp.15 juta-an.

Perumahan asri dan bernilai investasi tinggi ini, selain utk pegawai LIPI juga dijual kepada masyarakat umum.

Ditempat yang sama, Kepala LIPI Laksana Tri Handoko mengatakan, tahun ini LIPI akan mengembangkan kawasan Cibinong Science Center – Botanical Garden (CSC-BG). Kawasan CSC-BG yang akan dimanfaatkan sebagai kawasan penelitian, pendidikan, wisata dan penciptaan perusahaan
berbasis inovasi.

Untuk meningkatkan dan memanfaatkan potensi kawasan CSC-BG yang pembangunannya
diinisiasi oleh Presiden Soekarno pada tahun 1960 silam, LIPI terus melengkapi kawasan 189 hektare ini dengan
berbagai fasilitas pendukung seperti jalur lingkar dan rumah susun untuk peneliti.

LIPI bekerja sama dengan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat telah membangun beberapa sarana dan prasarana bagi sivitas LIPI dan masyarakat sekitar kawasan CSC-BG.
Pada tahun ini telah diselesaikan pembangunan tahap I jalan lingkar CSC-BG sebagai jalan alternatif bagi
mobilitas masyarakat. Untuk tahap 2 akan dibangun tahun depan sehingga seluruh jalan lingkar LIPI akan tersambung. “Diharapkan dengan rampungnya jalan lingkar menjadikan kawasan lokasi penelitian
di CSC-BG menjadi lebih nyaman dan steril dari lalu lintas warga yang selama ini masih menggunakan
akses jalan utama di CSC-BG,” ujar Kepala LIPI, Laksana Tri Handoko.

Handoko mengatakan, Pemerintah menyiapkan anggaran pembangunan sebesar Rp.2 triliun untuk infrastruktur riset. Dana tersebut, sebagian besar akan digunakan untuk membangun sejumlah fasilitas di CSC-BG.
“Fasilitas yang dibangun untuk pengelolan data kekayaan hayati dari spesimen fisik hingga digital, kemudian Lab Genomik dan Bio Engineering, dan lab lingkungan,” katanya

Handoko menambahkan, CSC-BG juga akan dilengkapi dengan Kebun Raya Cibinong seluasa 60 hektare. “Kami harap Kebun Raya Cibinong bisa kita lansir tahun depan dan sudah bisa dibuka untuk umum,” katanya. (*)