DESA SIAGA CIBUNAR, PERAN AKTIF MASYARAKAT NAIK KELAS

PARUNGPANJANG –

Desa Siaga Cibunar merupakan salah satu forum masyarakat yang dibentuk oleh Pemerintah Desa (Pemdes) Cibunar satu tahun yang lalu. Dalam pembentukan forum tersebut dengan musyawarah yang melibat sejumlah elemen masyarakat dan stakeholder aparatur desa.

Kini Pemdes Cibunar akan melakukan naikan kelas forum Desa Siaga itu menjadi kelas Madya ini adalah Berjalan, belum rutin setiap triwulan, yang tadinya kelas Pratama yaitu, Ada, belum berjalan. Hal itu disampaikan Pjs Kepala Desa Cibunar Sharmila Shinta Dewi seusai pembinaan Desa Siaga serta, kader posyandu di aula kantor Desa Cibunar Kecamatan Parungpanjang, Kabupaten Bogor, Rabu 25/09/19.

Sharmila mengatakan tahun ini desa siaga sudah aktif, dan akan naik kelas dari kelas Pratama ke kelas Madya, dalam pembahasan tadi itu, bagaimana cara mencapai kelas Madya serta membahas indikator-indikator seperti apah untuk mencapai klas Madya dan langkah selanjutnya.

“Pengurus Desa siaga sudah melakukan membuat forum siaga, mengaktifkan peran serta organisasi masyarakat dalam kegiatan posyandu. Selain itu, sumbangan dari sumber dana, selain bersumber dari dana desa (DD) untuk kegiatan lain, masyarakat bisa berperan serta untuk ikut berperan, “ujar Sharmila.

Lebih lanjut Sharmila menuturkan, desa siaga ini beediri dari tahun 2018 lalu, dan masih di kelas Pratama. Namun sekarang kita tingkatkan menjadi kelas Madya.

“Hal tersebut bertujuan untuk kemajuan Desa Cibunar, sehingga masyarakat bisa berperan serta dan aktif menghadapi permasalahan terutama bidang kesehatan yang ada di desa, “imbuhnya.

Sharmila menambahkan, desa siaga ini dibentuk dari hasil musyawarah RT, RW, Kadus dan kader Posyandu, memang dalam pengurus tersebut terdiri dari kadus, RT RW, kader posyandu dan Bidan Desa.

Kata dia, dari pengurus desa siaga ini sebagai tindakan untuk melakukan pencegahan, pelaksana dan penanggulangan. Kalau ditahap pencegahan kita sudah mulai seperti, dari melalui dari posyandu dan melakukan kegiatan rutin senam bersama.

Menurutnya, senam bersama ini untuk mencegah penyakit tidak menular yang lagi buming saat ini yaitu darah tinggi. Ini bisa¬† dihindari dengan adanya kegiatan olah raga bersama dengan masyarakat yang rutin, jadi masyarakat bisa sadar bahwa kesetan dan lingkungan kita itu tanggung jawab bersama. “Harapnya, Sharmila Pjs kades Cibunar ini. (Mul)




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *