Kado Hantaru 2019, BPN Kota Bogor Terapkan Pelayanan Elektronik

Bogor Tengah – bogorOnline.com

Seiring kemajuan teknologi yang berkembang pesat saat ini dimanfaatkan untuk perubahan dalam konteks peningkatan kualitas pelayanan publik ke arah yang lebih baik. Hal ini dilakukan oleh Badan Pertanahan Nasional (BPN) Kota Bogor.

Pelayanan pertanahan terintegrasi secara elektronik mulai diterapkan bertepatan dengan peringatan Hari Pertanahan dan Tata Ruang (Hantaru) 2019 tingkat Kota Bogor. Dengan demikian pemohon bisa langsung mengakses pelayanan yang dibutuhkan melalui aplikasi tanpa harus datang ke kantor BPN.

Kepala BPN Kota Bogor, Ery Juliani Pasoreh mengatakan, penerapan inovasi terbaru ini sesuai dengan tema yang diusung dalam Hantaru tahun ini “ATR/BPN Menuju Penataan Ruang dan Pelayanan Pertanahan yang Berkepastian Hukum dan Modern”.

“Sekarang kita sudah mendata semua berkas pertanahan warga untuk dimasukkan kedalam arsip elektronik. Program ini baru diterapkan di 34 kantor BPN se-Indonesia, salahsatunya di Kota Bogor,” ungkap Ery usai upacara di Pusdikzi, Selasa 24 September 2019.

Ada beberapa pelayanan pertanahan yang telah diselenggarakan secara elektronik di kantor BPN, mulai dari pelayanan hak tanggungan, peningkatan hak dan SKPT serta informasi zona nilai tanah.

“Yang sudah berjalan untuk hak tanggungan elektronik. Jadi pemohon tidak datang ke sini cukup membuka aplikasi berkas-berkas di-upload nanti keluar sertifikat elektronik. Jadi tanpa tanda tangan dan ketemu dengan pemohon,” kata Kepala Seksi Infrastruktur Pertanahan BPN Kota Bogor, Yoga Munawar.

Ia menjelaskan, selain inovasi ini untuk memudahkan pemohon, juga guna meminimalisir salah satunya penggunaan ruang arsip di kantor BPN karena sudah digitalisasi. Selain itu, sambung Yoga, dengan digitalisasi ini nantinya tidak ada lagi interaksi pegawai dengan pemohon.

“Nama aplikasinya layanan elektronik. Untuk sementara ini baru ada empat layanan saja, tapi kedepannya diterapkan untuk semua layanan yang ada di BPN dan sekarang sedang proses transisi,” tandas Yoga. (HRS)




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *