PGH PARUNGPANJANG




Festival Budaya Aceh Digelar di Balai Kota Bogor

Dari Bogor Saleum Aceh Untuk Indonesia
Kota Bogor – bogorOnline.com

Sejumlah penampilan kesenian dan berbagai makanan khas Aceh ditampilkan dalam acara Festival Budaya Aceh yang berlangsung di Plaza Balai Kota Bogor, Sabtu 19 Oktober 2019. Acara ini dibuka oleh Wali Kota Bogor, Bima Arya yang didampingi Plt. Gubernur Aceh, Nova Iriansyah.

Ketua Panitia Festival Budaya Aceh TIM Cabang Bogor, Muzakkir mengatakan, acara yang pertama kali digelar di Kota Bogor ini diikuti sekitar 2.000 warga Aceh dari berbagai kalangan yang tinggal di Kota Bogor.

“Tentunya lewat acara ini menjadi awal bagi warga Aceh yang tinggal di Kota Bogor bisa bertemu, bersatu untuk memperkuat silaturahmi tidak hanya sesama warga Aceh tapi juga dengan warga dari suku lainnya,” kata Muzzakir.

Ia lanjut menjelaskan, persiapan acara ini hanya dilakukannya selama dua bulan dan berharap ini bisa menjadi agenda rutin tahunan di Kota Bogor. Selain menampilkan berbagai kuliner khas Aceh, juga ada lomba memasak mie Aceh dan sie itek.

“Ada pula tarian Aceh mulai dari Saman, Ratoh Jaroe hingga penampilan penyanyi kesohor Aceh, Rafly Kande dan Rapai Pasee. Puncaknya malam hari ada pentas kesenian budaya Aceh,” katanya.

Sementara itu, Wali Kota Bogor, Bima Arya yang membuka Festival Budaya Aceh menyampaikan kekagumannya kepada masyarakat Aceh. Menurutnya, masyarakat Aceh tidak hanya banyak bicara tapi juga bagus dalam bekerja. Hal itu terbukti acara yang disiapkan dalam waktu singkat ini bisa berlangsung meriah.

“Saya berharap jangan selesai sampai di acara ini. Harapan saya ada yang berbalas dan berlanjut. Saya berharap ada budaya Sunda juga di Balai Kota Aceh. Mudah-mudahan Pemkot Aceh bisa bikin acara serupa untuk warga Bogor yang tinggal di Aceh. Kita ingin persaudaraan Aceh dan Bogor semakin kuat dari masa ke masa,” ucap Bima.

Terpisah, Sonia Betlia, Ketua TIM Cabang Bogor menambahkan, bahwa semangat pemerintah Kota Bogor memperkenalkan budaya dari setiap daerah di Kota Bogor patut diapresiasi. Sebab, Festival Budaya Aceh tidak dapat terlaksana tanpa bantuan dan dukungan dari semua pihak, baik dari Pemerintah Aceh, masyarakat Aceh yang tergabung dalam Taman Iskandar Muda (TIM) Cabang Bogor dan juga dukungan penuh Wali Kota Bogor, Bima Arya.

“Kita mengapreasiasi kerja sama ini dan berharap acara ini dapat merekatkan hubungan antara pemerintah Aceh, Pemkot Bogor dan masyarakat Aceh di perantauan. Selain itu, kegiatan ini juga ingin menunjukkan kepada semua pihak, bahwa masyarakat Aceh adalah bagian yang tidak terpisahkan dari Budaya Nusantara yang merupakan satu kesatuan utuh dalam bingkai Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI),” tukasnya.

Dalam acara tersebut, selain Wali Kota Bogor dan Plt. Gubernur Aceh tampak hadir juga Wakil Wali Kota Bogor, Dedie A Rachim dan Kepala Disbudpar Kota Bogor, Sahlan Rasyidi. (HRS)




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *