FPK Bogor Kunjungi FPBI Semarang

Semarang – Dalam upaya mempererat kebhinekaan antar suku dan etnis daerah di tanah air, Forum Pembauran Kebangsaan (FPK) Kabupaten Bogor melakukan kunjungan kerja ke Forum Persaudaraan Bangsa Indonesia (FPBI) Kabupaten Semarang, Jawa Tengah, belum lama ini.

Kepala Kesbangpol Kabupaten Semarang Haris meyambut baik kedatangan rombongan FPK Kabupaten Bogor, Haris mengatakan, agar Forum ini dapat menjaga stabilitas keamanan disetiap Kabupaten. “Kami sangat senang dengan adanya kunjungan yang dilakukan FPK Bogor seperti ini, langkah ini untuk mempererat tali silaturahmi diantara kedua lembaga, dan juga sekaligus memupuk kebhinekaan antar etnis yang ada,” ujarnya.

Ketua FPBI Kabupaten Semarang Edy Dwi Kurniati menambahkan, upaya yang dilakukan pihaknya dalam mempererat antar etnis dan suku di wilayahnya, dengan cara sering menggelar seminar kebangsaan dan juga kerjasama dengan Kesbangpol Kabupaten semarang dan Propinsi Jawa Tengah.

“Kami juga selalu berdialog dengan akademisi, dan tokoh-tokoh masyarakat juga bekerjasama dengan Pemerintah Kabupaten Semarang dan Propinsi Jawa Tengah. Untuk FPBI Kabupaten Semarang ini terdiri dari 17 kordinator untuk mewakili 19 kecamatan,” tambahnya.

Sementara itu, Ketua FPK Kabupaten Bogor Nia Kurniasih menjelaskan, kendatipun namanya berbeda FPK di Kabupaten Bogor dan FPBI di Kabupaten Semarang namun maknanya sama yakni sama-sama- merawat Kebinnekaan dan NKRI harga mati.

“Tujuan pembentukan Forum ini adalah agar kita sebagai bangsa Indonesia mempunyai rasa memiliki dan merawat Kebinnekaan dengan cara saling mengayomi antar suku, dan kita tidak membeda-bedakan suku, karena kita semua saudara seperti pepatah mengatakan, tak kenal maka tak sayang,” kata Nia.

Nia juga menjelaskan, mengapa Kabupaten Semarang yang dipilihnya dalam kunjungannya itu, karena Kabupaten Semarang dinilai perkembangannya sangat signifikan terutama tentang kebhinekaan suku dan etnis yang ada di Kabupaten Semarang hidup rukun secara berdampingan tanpa adanya perbedaan.

Ia menambahkan FPK Kabupaten Bogor hingga saat ini telah terdaftar 24 etnis. Dalam kunjungan kerja tersebut diikuti sembilan peserta terdiri dari, Nia Kurniasih, Yati S, Sarifudin, Lilis Ela, Sinwan Mz, Adenan Manurung, Indra, dan Arvina S. (Adenan M)