Gunakan Dana Desa, Pemdes Tonjong Bangun Jalan Beton

TAJURHALANG – bogorOnline.com

Pemerintah Desa Tonjong melaksanakan pembangunan betonisasi jalan desa dengan menggunakan anggaran Dana Desa (DD) Tahun 2019.

Jalan desa yang dibangun tersebut berada di wilayah Kp Jati Rt 2/6 Desa Tonjong, dengan volume panjang  300 meter, lebar 6 meter dan ketebalan 20 senti meter.

“Sumber anggarannya berasal dari DD tahap pertama sebesar 256 juta rupiah ditambah swadaya masyarakat sebesar 108 juta rupiah,” ungkap Aja Wijaya, Kepala Desa Tonjong kepada wartawan, Selasa (1/10/2019).

Aja mengungkapkan, betonisasi jalan tersebut dikerjakan oleh warga sekitar melalui program padat karya, sesuai anjuran dari Pemerintah Daerah maupun Pemerintah Pusat yang tertuang melaui Permen PDTT ataupun  Perbup Bogor.

“Kekompakan dan antusias warga dalam proses pembangunan jalan ini sangat tinggi. Partisipasi masyarakat seperti ini layak ditiru, guna mewujudkan pembangunan yang berkesinambungan,” imbuhnya.

Aja Wijaya melanjutkan, bukti kekompakan warga tidak hanya soal membantu tenaga, tapi ada pula sejumlah warga yang turut menyumbang aneka minuman dan makanan ringan untuk konsumsi para pekerja.

Ia menegaskan, program pembangunan tersebut bertujuan mewujudkan jalan desa yang mulus dan bebas becek sehingga bisa memperlancar aktifitas serta meningkatkan perekonomian warga.

“Berbagai sumber dana baik dari pemerintah pusat, provinsi dan kabupaten, selalu kami manfaatkan seoptimal mungkin dan digunakan secara tepat sasaran,” tandasnya. (Mul)