Kembalikan Fungsi Trotoar, Puluhan Bangli Dibongkar

Kota Bogor – bogorOnline.com

Puluhan bangunan liar (bangli) yang berada di kawasan jalan Sukamulya dan Sukasari 3, Bogor Timur, Kota Bogor dibongkar petugas gabungan pada Rabu 30 Oktober 2019. Pembongkaran dilakukan sebagai upaya Pemerintah Kota Bogor dalam mengembalikan fungsi trotoar dan taman dan trotoar.

Lurah Sukasari, Dicky Iman Nugraha mengatakan, ada dua lokasi yang dinormalisasi, yakni di Sukamulya terdapat 22 bangunan dan Sukasari 3 ada 12 bangunan. Kegiatan ini adalah bagian perencanaan yang terintegrasi karena lokasi yang dibongkar akan dijadikan trotoar dan taman.

“Jadi, pelanggaran mereka mendirikan bangunan liar tanpa izin dan berjualan di lahan pemerintah daerah yang seharusnya buat pejalan kaki. Karena itu, fungsinya trotoar dan taman ini kita kembalikan,” kata Dicky di sela kegiatan.

Menurutnya, bangunan-bangunan tersebut rata-rata pemiliknya bukan warga setempat. Mereka adalah warga luar yang membangun kios-kios kemudian disewakan dan ini sudah berlangsung puluhan tahun.

Mereka juga, sambung Dicky, bukan pedagang kaki lima yang memang membutuhkan usaha.

“Ini pure bisnis. Dia bangun kemudian dia sewakan. Jadi, saya tidak melihat ada sisi sosial yang harus saya pertimbangkan karena mereka sistemnya menyewa. Saya hanya berurusan dengan pemilik bangunan. Kalau untuk para pedagang saya usulkan berbicara dengan pemilik karena urusannya dengan pemilik. Itu kan lahan pemda. Yang salah siapa?,” paparnya.

Sementara itu, Camat Bogor Timur, Abdul Wahid yang turun langsung dalam kegiatan mengatakan, kegiatan ini akan terus berlanjut. Selain itu, ada lokasi lain yang akan dinormalisasi di wilayahnya. Yaitu, wilayah Sukasari, Jalan Siliwangi, lingkar PDAM Tirta Pakuan, sekitar pasar Sukasari dan depan Plaza Ekalokasari.

“Di wilayah Sukasari yang menjadi target kita untuk penertiban PKL liar yang menempati lahan pemerintah daerah semua sudah kita lakukan sosialisasi. Semua sudah menerima dan tidak ada ekses apapun. Jadi, tidak ada tuntutan relokasi dari mereka dan kita mengakomodir hanya warga Sukasari. Di Sukamulya ada 2 orang, sedangkan di Sukasari 1 orang,” ungkapnya.

Wahid melanjutkan rencananya lokasi yang ditertibkan akan ditata kembali sebagaimana fungsi awal sebelum fasilitas umum bagi warga.

“Yang di Jalan Sukasari 3 mau kita buat trotoar. Targetnya dua minggu ke depan trotoar ini harus sudah jadi. Di titik lain sedang dilakukan pembersihan untuk dibuat taman. Intinya kita kembalikan fungsinya ke awal,” pungkas Camat.

Kegiatan ini melibatkan sejumlah petugas dari dinas terkait di antaranya, Satpol PP, DPUPR dan DLH serta aparatur kecamatan dan kelurahan. Dalam pembongkaran bangli juga menurunkan satu unit alat berat. (HRS)




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *