PGH PARUNGPANJANG




Kubah Masjid di Bubulak Tersapu Angin

Kota Bogor – bogorOnline.com

Kubah Masjid Jami An-Nur yang berlokasi di Kampung Bubulak RT03 RW08, Bubulak, Bogor Barat, Kota Bogor tersapu angin buting beliung saat melanda wilayah setempat pada Selasa 15 Oktober 2019.

Sekretaris DKM, Asep Saipul Hidayat (49) mengatakan, jatuhnya kubah berdiameter 3 meter itu saat hujan deras yang disertai angin kencang sekira pukul 15.00 WIB. Kubah tersebut jatuh tepat di atas makam KH Mbah Subki yang berada di samping masjid.

“Kejadiannya ada jam 3-an. Kubah awalnya jatuh ke tempat makam sesepuh. Setelah salat Ashar, kubah baru kita pindahkan diangkat oleh dua orang dan sementara disimpan di samping masjid,” tutur Asep saat ditemui di lokasi.

Asep bersyukur peristiwa jatuhnya kubah yang berada di atap lantai tiga masjid tidak menimpa rumah warga. Rencananya, pengurus masjid akan membeli kubah baru untuk mengganti kubah yang telah jatuh dan rusak tersebut.

Lebih lanjut kata Asep, bahwa Masjid Jami An-Nur saat ini masih tahap renovasi dengan pembiayaan dari swadaya masyarakat sekitar. Ia berharap adanya kejadian ini ada bantuan dari pemerintah setempat.

“Mudah-mudahan ada bantuan dari pihak pemerintah untuk membelikan kubah baru. Juga adanya peringatan dini kepada warga terkait rawan bencana,” pungkas Asep.

Di waktu bersamaan, puting beliung yang menerjang wilayah tersebut juga menimbulkan kerusakan terhadap puluhan rumah warga di wilayah RW 03, 06, 08, 11 dan 12.

“Totalnya 20 rumah. Tapi kerusakan paling parah di Kampung Batuhulung RW03 dan 06. Rata-rata atap rumah berterbangan dan ada juga tembok rumah warga yang roboh,” kata Lurah Bubulak, Asep Faisal Rahman saat dihubungi melalui aplikasi WhatsApp.

Lebih lanjut kata Asep, aparat wilayah kelurahan, Babinsa, Bhabinkamtibmas dan RT RW masing-masing dibantu warga lain tengah mmelakukan proses evakuasi terhadap warga beserta barang-barang miliknya.

“Iya, kita tindaklanjut bersama di wilayah terkena musibah dilakukan evakuasi warga dan barang-barangnya ke tempat yang lebih aman. Sejauh ini tak ada korban jiwa atas musibah itu,” tukas Asep. (HRS)