Pipa PDAM Terkeruk Beko Proyek Pedestrian Suryakencana

Bogor Tengah – bogorOnline.com

Pipa milik PDAM Tirta Pakuan Kota Bogor yang berada di bilangan Jalan Surya Kencana, Babakan Pasar, Bogor Tengah, tepatnya depan Plaza Bogor mengalami kebocoran pada Senin sore, 30 September 2019. Alhasil, air tampak menyembur tak henti-hentinya.

Direktur Teknik PDAM Tirta Pakuan, Syaban Maulana mengatakan, kebocoran pipa terjadi saat alat berat atau beko tengah mengeruk tanah pada pekerjaan proyek pedestrian Jalan Surya Kencana tahap dua di kawasan tersebut.

“Laporan petugas lapangan, sambungan pipa yang terkeruk. Kejadiannya sore kemarin sekitar jam 4-an. Sekarang sudah selesai diperbaiki,” ungkap Ade sapaan akrabnya saat dikonfirmasi, Selasa 1 Oktober 2019.

Ia mengatakan pascakejadian petugas PDAM langsung diterjunkan ke lokasi untuk memperbaiki kebocoran pipa tersebut. Hanya saja tidak langsung diperbaiki karena masih ada kegiatan di Istana Bogor.

“Setelah dapat izin dari Istana Bogor, kita langsung perbaiki dimulai jam setengah 10 malam dan selesai jam 4 pagi,” paparnya.

Lebih lanjut kata Ade, sepanjang Jalan Surya Kencana setidaknya terdapat beberapa jenis pipa yang tertanam untuk melayani para pelanggan zona tiga. Diantaranya, adalah pipa induk berukuran 18 inci.

“Kalau yang kena ada 4 titik, pada pipa 4 inci dan pipa 3/4 inci serta pipa 8 x 3/4 inci 2 titik,” urainya.

Pihak PDAM saat ini tengah menyusun perhitungan untuk denda yang akan dibebankan kepada kontraktor pelaksana proyek pedestrian. Perhitungan denda berdasarkan material yang terpakai, jumlah air terbuang dan upah tenaga kerja.

“Penagihannya nanti setelah selesai perhitungan bersamaan juga dengan teguran,” tandasnya. (HRS)




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *