Gelar Senja Kwartir Ranting Bogor Barat

Kota Bogor – bogorOnline.com

Gerakan Pramuka Kwartir Ranting Bogor Barat mengadakan Gelar Senja di halaman Plaza Balaikota Bogor pada Senin 18 November 2019. Sedikitnya 120 anggota pramuka SD, SMP, SMA, dan SMK se-Kecamatan Bogor Barat mengikuti kegiatan tersebut.

Ketua Kwarcab Gerakan Pramuka Kota Bogor, Ade Sarip Hidayat mengemukakan bahwa Gelar Senja merupakan program dari Kwarcab Gerakan Pramuka Kota Bogor yang digulirkan setiap bulan dan dilaksanakan oleh Kwartir Ranting se-Kota Bogor.

“Ini adalah sebuah panggung untuk pramuka mengekspresikan pembinaan di masing-masing ranting dan gugus depan karena yang hadir di sini oleh Kakwaran dilakukan evaluasi dan seleksi. Jadi ini sebuah kebanggaan bagi mereka bisa hadir ikut upacara di Balaikota,” kata Ade.

Ade menyampaikan rasa terimakasih kepada Kwartir Ranting Bogor Barat yang telah melaksanakan Gelar Senja dengan sangat baik. Ia juga mengucapkan terimakasih kepada seluruh pembina, pelatih, gugus depan termasuk orangtua yang hadir dalam kegiatan ini.

“Mudah-mudahan kegiaatan ini sepanjang hayat untuk anak-anak pramuka yang hadir itu akan terkesan bahwa pernah berbuat dan melaksanakan tugas dari pemerintah, yaitu petugas Gelar Senja,” harap Ade memungkas.

Wakil Ketua Bidang Pembinaan Gerakan Pramuka Kwartir Ranting Bogor Barat, Whe Wahyudin mengatakan, kegiatan ini memang program dari Kwarcab Gerakan Pramuka Kota Bogor yang pada kesempatan hari ini diadakan Kwartir Ranting Bogor Barat.

“Kita di sini berusaha untuk menampilkan unjuk ketangkasan dan keterampilan kepramukaan. Juga dikolaborasikan dalam bentuk semacam kabaret berkesinambungan kegiatannya atraksi-atraksinya dari mulai keterampilan dan ketangkasan kepramukaan,” katanya.

Dalam Gelar Senja juga, lanjut Whe, anggota pramuka menampilkan keterampilan seni budaya dan olahraga. Kegiatan diakhiri dengan upacara penurunan bendera merah putih yang berlangsung menjelang senja atau sekira pukul 17.30 WIB.

“Gelar Senja ini untuk menitikberatkan kepada kedisiplinan patriotis sesuai dengan salah satu poin Dasa Darma Pramuka, yakni patriot yang sopan dan kesatria,” tukasnya. (HRS)




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *