KESENIAN TRADISIONAL KABUPATEN BOGOR MENDUKUNG PROMOSI WISATA BOGOR

 

Jogjakarta – Rombongan Misi Kesenian dan Kebudayaan Kabupaten Bogor meramaikan Jogja Investment, Agriculture, Tourism, Trade, and Export Commodity (JIATTEC Expo) 2019 yang diselenggarakan di Galleria Mall Jogjakarta tanggal 7 hingga 10 November 2019. Rombongan dipimpin langsung oleh Kabid Kebudayaan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Bogor, Drs. Zecky Zakariya, MSi.

Misi Kesenian dan Kebudayaan Kabupaten Bogor bertujuan untuk meningkatnya apresiasi masyarakat terhadap seni dan budaya, meningkatkan Misi/Seni budaya ke luar daerah dan pembinaan terhadap seni tradisional. Untuk mencapai tujuan tersebut, dikirimkan enam paket kesenian tradisional Kabupaten Bogor. Para penari pilihan yang dikirim adalah berasal dari sanggar binaan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Bogor di bawah Kasie Kesenian Ibu Hj. Heni Widyawati, S.Sos. Sanggar seni yang dipilih untuk mengikuti kegiatan yaitu Sanggar Seni Putri Galuh pimpinan Ibu Ina Rachmawati, S.Pd., MM dan Sanggar Seni Indonesia pimpinan Ibu Lilis Lidianti, S.Sn, M.Sn.

Selain memperkenalkan tarian tradisional Kabupaten Bogor, Misi Kesenian dan Kebudayaan Kabupaten Bogor kali ini mengusung spirit memperkenalkan kesenian Kabupaten Bogor sebagai potensi wisata di Kabupaten Bogor. Sekretaris Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Bogor, Drs. H. Achmad Sofyan, MM, menyampaikan, penampilan misi kebudayaan merupakan sarana memperkenalkan budaya Kabupaten Bogor yang dapat menyokong pada pariwisata di Kabupaten Bogor. Hal senada dikemukakan oleh Kabid Kebudayaan Drs. Zecky Zakariya, MSi. Menurutnya tarian tradisional sebagai kebudayaan Kabupaten Bogor merupakan daya tarik wisata yang perlu diperkenalkan ke seluruh Indonesia.

Keenam tarian tersebut memukau penonton dan peserta pameran. Penampilan keenam tarian mendapatkan pujian dari Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi DIY. Menurutnya, spirit tarian tradisional Kabupaten Bogor ini sangat relevan dengan spirit pengembangan perindustrian dan pariwisata yang tetap berlandaskan pada kesenian luhur budaya daerah.

Kegiatan ini diorganisir oleh PT. Calanthe Dinata Aninya. Bersama dengan MaCDA management PT. Calanthe Dinata Aninya sebelumnya telah berhasil mengorganisir Festival Angklung, Festival Silat Cimande dan Festival Kaulinan Urang Lembur.




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *