Pasien Puskesmas Cicangkal Butuh Akses Transportasi

Kepala Puskesmas Minta Camat Untuk Mendorong Angkutan Umum

RUMPIN – bogorOnline.com

Kepala Puskesmas Cicangkal Rumpin, dr. Tatik Yuniar meminta Camat Rumpin Rusliandy mendorong angkutan umum sampai ke depan Puskesmas. Pasalnya, masyarakat yang merupakan pasien Puskesmas mengeluh sulitnya trayek angkutan umum di wilayah tersebut.

Hal itu dikemukan Tatik dalam sambutan saat kegiatan refreshing kader posyandu di Telaga Pelangi Payang, Desa Mekarsari, Kecamatan Rumpin Kabupaten Bogor, Kamis 28 November 2019.

Tatik meminta angkutan kalau bisa sampe kedepan Puskesmas. Saat itu juga Tatik bertanya kepada kader posyandu yang hadir dalam acara tersebut, pertanyaan itupun langsung disambut oleh para kader posyandu.

“Betul ibu dokter, saut dari ratusan kader posyandu. Bahkan Tatik juga meminta Camat Rumpin untuk bisa mendorongnya,” ungkap para kader posyandu.

Menurut Tatik, masyarakat mengeluh biaya berobat saat ini sudah murah, mereka (pasien) memiliki BPJS, Jamkesmas dan Jamkesda, tapi untuk berobat datang ke Puskesmas, pasien mengeluh untuk biaya transpot mahal.

“Apabila angkutannya berhenti di puskesmas Cicangkal, Desa Tamansari Kecamatan Rumpin, tepatnya didepan Puskesmas akan bisa meningkatkan kunjungan pasen, sehingga masyarakat bisa terlayani dengan baik,” kata dia.

Lanjut Tatik menambahkan, banyak masyarakat yang mengeluh. Kalau untuk saat ini, kita menyewa sebuah ruko untuk pelayanan sementara Puskesmas Cicangkal, ada peningkatan kunjungan dari pasien.

“Kunjungan pasien digedung lama yang saat ini sedang direhab total, dalam sehari ada lima dan enam orang pasien saja, tapi sejak pindah ke ruko yang dilintasi angkutan umum ini ada peningkatan kunjungan pasien, bahkan sehari bisa mencapai sekitar 30 orang. Ketika ditanya kepada masyarakat, hal itu dikarenakan, lokasi Puskesmas sementara ini dilalui angkutan umum,” ungkapnya.

Menanggapi kaitan permintaan dari kepala Puskesmas Cicangkal, Camat Rumpin Rusliandy mengatakan, dirinya akan segera borkoordinasi dengan Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Bogor.

“Nanti kita akan koordinasikan dengan Dinas Perhubungan, kaitan dengan trayek pelayanan kesehatan. Nanti kita segera koordinasikan untuk akses pelayanan kesehatan, jadi nanti pembahasannya akses,” ujarnya.

Senada, Kapolsek Rumpin kompol Asep Supriadi mengatakan pihaknya juga akan melakukan koordinasi dengan Dinas Perhubungan Kab. Bogor dan tokoh masyarakat sekitar.

“Nanti dikoordinasikan dengan Dinas Perhubungan dan diperkuat dengan tokoh-tokoh setempat disini sehingga tidak ada ekses,” kata Kapolsek.

Menurutnya, hal ini bukan masalah, nanti tinggal mencari solusinya saja dengan pak Camat.

“Tadi yang diminta oleh kepala Puskesmas Cicangkal, yang diminta itu akses angkutan itu bisa sampe ke Puskesmas sementara hanya sampai depan pasar Cicangkal, tidak sampai dengan lokasi yang dituju,” pungkasnya. (Mul)




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *