RS Azra Gelar Seminar Awam Pengenalan Penyakit Reumatik dan Penanggulangannya

Kota Bogor – bogorOnline.com

Rumah Sakit Azra Bogor melaksanakan seminar awam bertemakan Pengenalan Penyakit Reumatik dan Penanggulangannya. Penyakit reumatik suatu istilah umum yang menunjukkan gangguan mengenai sendi, otot dan jaringan lunak tubuh yang menimbulkan gejala kejang otot, nyeri sendri dan nyeri syaraf terjepit.
 
Dalam hal ini Rumah Sakit Azra terus berusaha dan berkontribusi demi terpenuhinya pengetahuan dan kesadaran akan penaggulangan tentang penyakit reumatik di Kota Bogor, sehingga terciptanya masyarakat hidup sehat dan menjaga pola hidup sehat.

Salah satu bentuk upaya yang dilaksanakan oleh Rumah Sakit Azra yaitu menyelenggrakan seminar awam “Pengenalan penyakit reumatik dan Penanggulangannya”.
 
Seminar awam Rumah Sakit Azra adalah salah satu program reguler dari Rumah Sakit Azra yang menjadi salah satu rangkaian acara HUT Rumah Sakit Azra yang ke 25tahun. Rumah Sakit Azra mengkampanyekan pentingnya berbudaya sehat dengan cara mengundang masyarakat untuk mengikuti dan menghadiri seminar ini. Melalui program ini diharapkan masyarakat dapat peduli dan sadar pentingnya menjaga kesehatan pada tubuh.
 
Seminar tersebut berlangsung di IPB International Convention Center (IICC) Botani Square Bogor, pada Sabtu (16/11/19), dengan menghadirkan beberapa narasumber seperti dr Rizasyah Daud, M.Sc, SpPD-KR, FINASIM dokter ahli reumatologi, Internist, direktur utama Azra yang membawakan materi tentang “Mengenal penyakit Reumatik dan Penanggulangannya”, dilanjutkan oleh dr. Oey Yuni Dodasih, SpRM, Dokter Ahli Rehabilitasi medik RS Azra menjelaskan yang tentang “Penanganan Kasus Reumatik dari Segi Kedokteran Fisik dan Rehabilitasi”, dan sesi selanjutnya diteruskan oleh dr Anna Hoengdrayana T., M.gizi, SpGK mengenai “Pengenalan Penyakit Reumatik dan Penanggulangan melalui Nutrisi”.

Seminar ini dipandu oleh moderator Sebanyak lebih dari 100 peserta antusias hadir pada acara Seminar Awam Pengenalan Penyakit Reumatik & Penanggulangannya yang dimulai dari pukul 09.00 WIB.

Tidak hanya seminar awam mengenai Penyakit Reumatik, RS Azra juga menggelar seminar awam di acara selanjutnya pukul 14.00 WIB di tempat yang sama mengenai “Mengenali Pneumonia Penyebab Kematian ISPA Terbanyak pada Anak” oleh dr. Agus Darajat Sp.A, M.Kes, Dokter Spesialis Kesehatan Anak dan dilanjutkan oleh dr. Deviera Minelly Noor, Sp.KFR Dokter Spesialis Kedokteran Fisik dan Rehabilitasi RS Azra mengenai “Tata Laksana Retensi Sputum pada Pasien Pneumonia,”.

Saat seminar berlangsung, para peserta serius menyimak apa yang disampaikan, dan saat sesi tanya jawab para peserta aktif bertanya mengenai materi yang sudah disampaikan. Acara ditutup dengan foto bersama dengan para peserta seminar awam.

dr Rizasyah Daud mengatakan, bahwa rematik merupakan istilah umum yang menunjukkan gangguan yang mengenai sendi, otot, dan jaringan lunak tubuh yang menimbulkan gejala, antara lain kejang otot, nyeri pinggang, dan nyeri “saraf terjepit”.

“Penyebabnya mulai dari proses degenerasi karena usia, trauma berulang, endapan kristal dalam sendi, faktor keturunan, juga kehamilan,” ungkap Daud di sela-sela seminar awam dengan tema Pengenalan Penyakit Rematik dan Penanggulangannya.

Daud melanjutkan, meski demikian, ada mitos yang berkembang soal rematik, sebut saja, mandi malam atau udara dingin yang dapat menyebabkan rematik. Jawabannya, suhu tubuh yang dingin dapat menyebabkan terjadinya kontraksi kapsul sendi yang menimbulkan nyeri untuk sementara waktu hingga suhu tubuh menjadi normal kembali.

“Pengobatan rematik bertujuan lebih dari sekadar ’bebas rasa nyeri’. Juga, hindarilah pengobatan alternatif yang tidak terbukti bermanfaat dan penyakit rematik yang berat juga kronik,” ujarnya.

Seminar awam Rumah Sakit Azra adalah salah satu program reguler dari Rumah Sakit Azra yang menjadi salah satu rangkaian acara HUT Rumah Sakit Azra yang ke 25 tahun.

Rumah Sakit Azra mengkampanyekan pentingnya berbudaya sehat dengan cara mengundang masyarakat untuk mengikuti dan menghadiri seminar ini. Melalui program ini diharapkan masyarakat dapat peduli dan sadar pentingnya menjaga kesehatan pada tubuh.

Dalam hal ini Rumah Sakit Azra terus berusaha dan berkontribusi demi terpenuhinya pengetahuan dan kesadaran akan penaggulangan tentang penyakit reumatik di Kota Bogor, sehingga terciptanya masyarakat hidup sehat dan menjaga pola hidup sehat. (*/Nai)




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *