PGH PARUNGPANJANG




Soal Masjid Agung, Pemkot Baru Terima Hasil Kajian Puslitbang Perumkim

Kota Bogor – bogorOnline.com

Hasil kajian konstruksi Masjid Agung dari Pusat Penelitian Pengembangan Perumahan dan Pemukiman (Puslitbang Perumkim) pada Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (KemenPUPR) telah masuk meja Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor.

Namun begitu, Pemkot Bogor belum dapat menyimpulkan terkait hasil kajian tersebut lantaran masih menunggu hasil kajian lain dari KemenPUPR melalui Komite Keselamatan Bangunan Gedung.

Wakil Wali Kota Bogor Dedie A. Rachim mengatakan, konstruksi Masjid Agung yang belum rampung itu dikaji oleh dua institusi di bawah KemenPUPR, yakni Puslitbang Perumkim dan Komite Keselamatan Bangunan Gedung.

Untuk diketahui, proses kajian konstruksi dilakukan Puslitbang Perumkim dimulai pada Agustus 2019. Sedangkan Komite Keselamatan Bangunan Gedung pada Juli 2019. Kajian dilakukan untuk kelanjutan pembangunan Masjid Agung.

Dedie mengaku bahwa pihak Pemkot Bogor saat ini baru menerima hasil kajian dari Puslitbang Perumkim.

“Hasil dari Puslitbang Perumkim sudah ada. Tetapi belum bisa menyimpulkan, apakah pembangunan itu bisa diteruskan dengan konstruksi sekarang, apakah harus di re-desain atau diperkuat konstruksinya,” katanya.

Lebih lanjut kata Dedie, kesimpulan juga baru diambil setelah Pemkot Bogor menerima hasil kajian dari Komite Keselamatan Bangunan Gedung.

“Jadi belum dapat disimpulkan, saat ini menunggu hasil final dari Komite Keselamatan Bangunan Gedung,” ungkap mantan pejabat KPK itu, baru-baru ini. (HRS)




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *