Bawaslu Bangun Kesadaran Masyarakat Terhadap Pemilu

Kota Bogor – bogorOnline.com

Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kota Bogor mengadakan Media Gathering bersama awak media baik cetak, online maupun elektronik. Acara selama dua hari mulai 3-4 Desember 2019 ini berlangsung di Cico Resort, Cimahpar, Bogor Utara, Kota Bogor.

Ketua Bawaslu Kota Bogor, Yustinus Elyas Mau mengatakan, acara ini diadakan selain untuk menjalin lebih erat tali silaturahmi antara Bawaslu Kota Bogor dengan awak media, pihaknya juga ingin menyampaikan terkait evaluasi dari proses perjalanan pemilu 2019.

“Evaluasi ini untuk menentukan langkah-langkah persiapan Bawaslu kedepan terutama untuk menghadapi pemilu tahun 2024 mendatang,” ujar Yustinus seusai pembukaan, Selasa 3 Desember 2019.

Ia melanjutkan bahwa partisipasi pelaporan pelanggaran pemilu menjadi target dievaluasi oleh pihaknya. Bawaslu sendiri pada pemilu kemarin menerima 27 laporan dan 13 laporan yang diproses, sedangkan sisanya tidak memenuhi kriteria.

Laporan-laporan itu, sambung dia, baru sebatas di level peserta pemilu yang melaporkan ke Bawaslu. Sementara pada level pemilih usia 17 tahun atau masyarakat umum dinilai olehnya belum punya keberanian untuk melapor.

“Ini yang menjadi target Bawaslu saat menghadapi pemilu 2024 nanti,” katanya.

Oleh karena itu, pihaknya terus melakukan penyadaran kepada masyarakat agar berani melaporkan jika ditemukan adanya pelanggaran. Sehingga proses pengawasan terhadap pemilu serentak nanti tidak hanya ada di Bawaslu saja, masyarakat juga bisa turut berpartisipatif mengawasinya.

“Bawaslu Jawa Barat sudah menjadi pilot projects pertama untuk sekolah kader pengawasan partisipatif dan Bawaslu Kota Bogor sudah melaksanakannya dengan merekrut sebanyak 60 orang,” jelasnya.

Para keder, lanjut Yustinus, tugasnya memberikan penjelasan kepada masyarakat seputar hal apa saja yang melanggar aturan saat pemilu. Kegiatan tak hanya dilaksanakan tahun ini, tapi akan berlanjut pada 2020 dan seterusnya.

Dalam acara hari ini diisi juga dengan pemaparan materi dari beberapa narasumber, di antaranya dari Bawaslu Jabar dan Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kota Bogor. Selanjutnya ramah tamah dan sesi foto bersama. (HRS)




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *