by

Pasca Dilantik, Amirudin Tancap Gas Hidupkan Karang Taruna di Bogor Selatan

BOGORONLINE.com, Bogor Selatan – Pasca dilantik, pengurus Karang Taruna Kecamatan Bogor Selatan masa bakti 2020 – 2025 menyatakan akan langsung tancap gas membangun komunikasi dengan berbagai pihak termasuk Karang Taruna di seluruh kelurahan Kecamatan Bogor Selatan.

“Setelah pelantikan ini, saya beserta jajaran terutama sekjen akan bersilaturahmi ke 16 kelurahan. Itu program pertama Karang Taruna Bogor Selatan,” ujar Ketua Karang Taruna Kecamatan Bogor Selatan, Amirudin Rahayu Ningrat seusai pelantikan di aula Kecamatan Bogor Selatan, Sabtu (25/01/2020).

Maksud dan tujuan kedatangannya ke setiap kelurahan itu, kata Amirudin, pihaknya ingin menghidupkan Karang Taruna yang ada di tingkat kelurahan. Selain itu, dirinya juga ingin menggali potensi di sektor Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) yang digawangi oleh kaum pemuda.

“Program saya yang keduanya adalah menggalakkan UMKM kemandirian untuk pemuda-pemuda di Bogor Selatan sehingga UMKM-UMKM ini tumbuh dan berkembang kedepan,” kata Amirudin yang juga mantan Wakil Sekretaris PK KNPI Bogor Selatan itu.

Ia menambahkan bahwa Karang Taruna dibawah kepemimpinannya mendapatkan juga arahan langsung dari Ketua Karang Taruna Kota Bogor RD Ian Mulyana Jaya Sumpena mengenai penanganan para Penyandang Masalah Kesejahteraan Sosial (PMKS).

“Arahan dari ketua Kang Ian diminta untuk menyisir dan mendata gelandang-gelandang yang ada di Bogor Selatan sehingga tidak ada lagi yang tidur di emperan toko-toko. Berkaitan ini kita akan mendorong di Musrembang nanti. Jadi tidak hanya didata saja tapi ada solusi (penampungan) bagi mereka,” tuturnya.

Disinggung soal maraknya tawuran yang terjadi belakangan ini, Amirudin mengatakan, untuk meminimalisir terjadinya tawuran di wilayahnya, ia berencana akan membentuk sub Karang Taruna di setiap tingkat kelurahan. Mereka akan diberikan tugas untuk melaksanakan aktivitas positif yang melibatkan para pemuda setempat.

“Iya, kita akan membuat semacam pelatihan ataupun mengadakan kegiatan-kegiatan positif sehingga pemuda tidak banyak nongkrong. Dengan adanya kegiatan seperti itu setidaknya bisa mengurangi hal-hal yang negatif di Bogor Selatan,” ungkapnya.

Acara pelantikan dihadiri langsung oleh Ketua Karang Taruna Kota Bogor RD Ian Mulyana Jaya Sumpena dan Camat Bogor Selatan Hidayatulloh beserta para lurah. Selain itu, hadir pula dari pihak pemerintahan Dinas Sosial dan Dinas Pemuda dan Olahraga dan sejumlah tokoh pemuda di Kecamatan Bogor Selatan.

Sementara itu, Camat Bogor Selatan, Hidayatulloh menyampaikan selamat atas dilantiknya 25 pengurus dan 11 MPKT Karang Taruna Kecamatan Bogor Selatan. Dirinya berharap Karang Taruna tetap terus menjaga kekompakan dan tetap terkoordinasi serta menjalin komunikasi antar anggota dan pengurus tentu dengan Muspika di wilayah Kecamatan Bogor Selatan.

“Harapan kedepan juga di kepengurusan yang baru ini bisa membangunkan wilayah, agar yang tidak aktif bisa aktif kembali, terus turun ke wilayah, aktifkan program yang bisa bermanfaat bagi masyarakat banyak di Bogor Selatan,” pesan Hidayatulloh. (hrs)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed