by

Warga di Bogor Selatan Mulai Kosongkan Rumah

BOGORONLINE.com – Bogor Selatan

Sejumlah bangunan tempat tinggal yang berada di lahan milik PT KAI berangsur mulai dikosongkan oleh penghuninya. Pengosongan ini menyusul pembayaran kompensasi pembangunan jalur ganda kereta Bogor-Sukabumi. Seperti salahsatunya terpantau di wilayah Kelurahan Cipaku, Kecamatan Bogor Selatan, Kota Bogor.

Camat Bogor Selatan, Hidayatulloh mengatakan, warga terkena dampak pembangunan jalur ganda di wilayahnya meliputi tujuh kelurahan, yakni Bondongan, Empang, Cipaku, Genteng, Batutulis, Lawang Gintung dan Kertamaya. Sedangkan dari jumlah bangunannya ada 1.960 unit.

“Warga yang sudah mengosongkan tempat tinggalnya telah menerima dana kerohiman. Informasinya yang sudah mendapatkan pada tahap pertama itu di kelurahan Cipaku, Genteng, Bondongan, Lawang Gintung dan Kertamaya,” kata Hidayatulloh, Sabtu (18/01/2020).

Sedangkan tahap dua di tahun ini juga, lanjut Hidayatulloh, pembayaran kompensasi bagi warga terkena dampak di wilayah Batutulis dan Empang. Namun begitu, dirinya belum mengetahui jadwal pasti pembayaran yang dilakukan oleh Balai Teknik Perkeretaapian Jawa Barat.

“Kita belum tahu, masih menunggu, sifat kami adalah sosialisasi. Untuk tahap pertama sudah selesai awal bulan Januari. Dana kerohiman disalurkan langsung ke penerima atau warga terdampak. Jadi by name by address,” ungkap mantan pejabat di BKPSDA itu.

Disinggung soal rencana Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor yang akan menyinergikan dengan program Bantuan Stimulan Pembangunan Swadaya (BSPS) Kementerian PUPR untuk warga terkena dampak jalur ganda, Hidayatulloh mengatakan, bahwa pihaknya melalui kelurahan tengah memroses pendataan warga yang ikut program tersebut.

“Kita sedang mendata bagi teman-teman yang merelokasi mandiri dan diusulkan melalui kelurahan tahun ini. Yang kita usulkan untuk BSPS ada sekitar 140. Jadi ada dua titik lokasi di Bojongkerta 77 KK dan Pamoyanan sementara 63 KK. Mereka mengadakan tanah sendiri,” pungkasnya. (HRS)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed