by

Cegah Covid-19, Pemkot Bogor Lakukan Pergeseran Anggaran

BOGORONLINE.com, Kota Bogor – Pemerintah Kota Bogor melakukan pergeseran anggaran untuk dialokasikan dalam kegiatan penanggulangan virus corona (Covid-19) di wilayahnya.

Wali Kota Bogor Bima Arya menyatakan, bahwa pencegahan penyebaran virus corona di Kota Bogor membutuhkan anggaran dan logistik yang cukup untuk pengadaan Alat Pelindung Diri (APD), masker, hand sanitizer dan lain sebagainya.

“Juga antisipasi pembangunan tempat isolasi bagi pasien dalam perawatan yang mungkin saja angkanya bisa meningkat jika melihat perkembangan beberapa hari terakhir,” ungkap Bima Arya di kediamannya, Kamis (19/3/2020).

Untuk itu, ia memerintahkan seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan Pemkot Bogor untuk menggeser semua anggaran yang bisa ditunda atau dibatalkan. Instruksi ini tertuang pada Peraturan Menteri Dalam Negeri (Permendagri) nomor 13 tahun 2006 tentang Pedoman Pengelolaan Keuangan Daerah yang membolehkan pergeseran anggaran untuk kebutuhan mendesak.

“Saya perintahkan seluruh OPD untuk menggeser semua anggaran yang bisa ditunda atau dibatalkan untuk dialokasikan bagi penanggulangan virus corona. Anggaran untuk rapat, kunjungan kerja, makan dan minum agar segera digeser untuk penanggulangan corona,” ungkapnya.

Pemkot bersama DPRD juga akan menganggarkan dari alokasi Biaya Tak Terduga (BTT). Saat ini, sambung Bima Dinas Kesehatan dan RSUD tengah lakukan simulasi untuk menghitung perkiraan kebutuhan biaya.

Selain bersumber dari APBD, masih kata Bima, biaya penanggulangan corona juga akan berasal dari Corporate Social Responsibility (CSR).

“Sejumlah pengusaha sudah nyatakan kesiapannya,” tandasnya. (*)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed