Parah…, Jalan Transyogi Belum Teratasi, Pemprov Jabar Tutup Mata?

BOGORONLINE.com, TANJUNGSARI – Jalan Transyogi yang terputus dan lumpuh akibat tergerus air hujan disertai tumpukan lumpur beberapa waktu silam, sampai saat ini belum teratasi dengan baik. Jalan di Kampung Girijaya Desa Sirnarasa Kecamatan Tanjungsari Kabupaten Bogor itu telah menyengsarakan warga sekitar dan pengguna jalan.

Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) serta Dinas Perhubungan Provinsi Jawa Barat belum menampakkan diri. Belum ada tindakan berarti penanggulangan jalan. Padahal, dinas-dinas itu dianggap paling bertanggungjawab atas rusaknya jalan tersebut.

Salah satu pekerja lapangan, Solihin mengatakan, sampai saat ini, bantuan dari Pemprov Jawa Barat belum berarti. Pemprov baru menurunkan Vibro dan Greder. Namun kedua alat itu belum maksimal digunakan.

“Bantuan dari Pemerintah Provinsi Jawa Barat, baru menurunkan Vibro dan Greder. Alat berat excavator yang beroperasi itu, milik perusahaan Bogor Mineral,” kata Solihin kemarin di lokasi longsor.

Belum adanya bantuan dari Pemprov Jabar, membuat perusahaan Tambang batu PT. Bogor Mineral (BM) harus kerja keras. Pasalnya, lumpur yang menutup badan jalan Transyogi diduga kuat berasal dari perusahaan tambang batu tersebut.

“Kami hanya menggunakan alat berat milik perusahaan PT BM yang ada berupa tiga unit excavator dan beberapa unit mobil,” lanjut dia

Sebelumnya, Anggota Fraksi Gerindra DPR RI Drs. H Mulyadi, M. MA saat melaksanakan Reses di Cariu menyoroti keras tambang batu PT. BM. Karena, rusaknya jalan Transyogi merupakan bukti bahwa koordinasi di wilayah tidak maksimal.

Mantan Ketua DPD Partai Gerindra Jawa Barat mengatakan, keberadaan tambang batu PT. BM yang diduga kuat penyebab rusaknya badan jalan Transyogi, mengindikasikan ada kesalahan dalam menerbitkan perijinan tambang tersebut. Menurut dia, untuk mengurus perijinan, semua proses mesti ditempuh. Apalagi, usaha pertambangan, pasti ada kajian-kajian sebelum menerbitkan ijin. (soeft)

ARTIKEL REKOMENDASI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *