by

Antisipasi Penyebaran Covid 19, Pemkab Bekasi Siapkan Karantina Kesehatan

BOGORONLINE.com, BEKASI – Pemerintah Kabupaten Bekasi tengah menyiapkan 4 lokasi karantina kesehatan bagi warga yang berstatus Orang Dalam Pengawasan (ODP) maupun Pasien Dalam Pengawasan (PDP). Langkah itu diambil guna mengantisipasi apabila ada penambahan kasus warga yang terpapar virus mematikan, Corona Virus Disease 2019 (Covid 19).

Keempat lokasi yang disiapkan pemkab itu, RSUD Cabangbungin, Balai Pelatihan Kesehatan Lemahabang milik Kementrian Kesehatan RI. Serta dua tempat milik Swasta, Student Home President University dan President University Convention Center di Kawasan Jababeka, Cikarang Utara.

Bupati Bekasi Eka Supria Atmaja saat meninjau lokasi yang akan dijadikan tempat Karantina Kesehatan menyampaikan, kasus Covid-19 kian bertambah penyebarannya, tak terkecuali di Kabupaten Bekasi. Oleh karena itu pemkab dan Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 terus melakukan upaya untuk bisa menangani wabah dengan sebaik mungkin. Salah satunya, mempersiapkan tempat yang dikhususkan untuk menangani warga yang berstatus ODP dan PDP.

“Kami sedang menyiapkan empat lokasi untuk dijadikan tempat karantina kesehatan. Salah satunya di Kawasan Jababeka, Convention Center milik Presiden University ini”, ucap Bupati Eka saat meninjau lokasi, Jumat (3/4).

Lanjut Eka, peran aktif seluruh pihak termasuk dunia usaha dalam membantu pemerintah menangani merebaknya wabah Covid-19 sangat diapresiasi. Salah satu pihak swasta yang peduli dengan kondisi saat ini melalui Coorporate Social Responsibility (CSR) nya yaitu Jababeka.

“Saya mengapresiasi pihak swasta dalam hal ini Jababeka. Dengan CSR nya telah membantu pemerintah menyediakan tempat untuk dijadikan Karantina Kesehatan bagi warga. Harapan saya, hal ini dapat mendorong pelaku usaha lain berpartisipasi dalam penyelesaian Covid 19,” lanjut Eka.

Sementara itu, Juru Bicara Pusat Informasi dan Koordinasi Covid-19 Kabupaten Bekasi, Alamsyah mengatakan, dua lokasi di Jababeka ini nantinya akan disiapkan sekitar 300 Bed untuk warga berstatus ODP. Pemerintah daerah juga akan menyiapkan fasilitas lainnya secara gratis seperti dapur umum dan tenaga kesehatan pendamping.

Pemkab Bekasi juga tengah mempersiapkan RSUD Cabangbungin sebagai Rumah Sakit penanganan kasus Covid-19. Akan disediakan sekitar 61 bed bagi warga yang berstatus ODP dan PDP.

“Saat ini semuanya sedang dipersiapkan, sarana dan prasarana serta tenaga kesehatan yang akan mendampingi ODP di Karantina Kesehatan. Insya Allah dalam dua pekan semua bisa difungsikan,” pungkas Alamsyah. (soeft/Ndang)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed