by

Kunjungi Home Base Jamur HPPMI, Ketua MPR : Petani Kerja di Desa Rejeki Kota

BOGOR – Ketua MPR-RI, Bambang Soesatyo mengapresiasi upaya Himpunan Petani dan Peternak Milenial Indonesia (HPPMI) mencetak petani muda untuk berbagai komoditas pangan. Bamsoet mengatakan, bisnis di sektor pertanian saat ini sangat menjanjikan baik untuk pasar ekspor maupun kebutuhan dalam negeri.
“Apa yang dilakukan HPPMI sudah sangat tepat, kembali ke desa bekerja di desa tetapi rejeki kota,” ujar, Bamsoet di sela kunjungan ke Home Base Jamur Indonesia, Sentul-Bogor, (12/7/2020). Bamsoet meresmikan pusat budidaya jamur pangan terbesar di Indonesia tersebut.

Untuk komoditi jamur saja, kata Bamsoet, Kementerian Pertanian mencatat di periode 2018-2019, produksi jamur nasional per tahun rata-rata di kisaran 33 ribu ton. Sedangkan kebutuhan domestik mencapai 48 ribu ton. Itu artinya masih ada selisih sekitar 15 ribu ton per tahun yang belum mampu terpenuhi dari produksi dalam negeri. Menurutnya, ini adalah peluang besar dari para pembudidaya jamur.

Sedangkan produksi jamur Indonesia menduduki peringkat ke 15 dunia dengan produksi sebesar 40.906 ton walaupun masih di bawah Australia sebanyak 50.387 ton.

“Jadi untuk memenuhi pasar dalam negeri saja masih kurang,” kata dia.

Bamsoet juga melirik usaha perkebunan sayur dan kopi yang digarap oleh HPPMI. Menurut dia, saat ini masalah pangan merupakan isu global dan negara Indonesia diuntungkan karena memiliki tanah yang sangat subur.

Ketua Umum HPPMI, Aldi Supriyadi mengatakan, HPPMI menargetkan membangun 400 rumah jamur di Sentul Bogor Jawa Barat. Home Base Jamur Indonesia ini, kata dia, akan menyerap sekitar 200 tenaga kerja tani. Hasil produksi

Selain jamur, HPPMi sedangkan mengembangkan kebun kopi, pisang dengan sistem tumpang sari tanaman cabe, kacang edamame, sereh wangi, lengkuas, dan lain-lain. HPPMI akan memanfaatkan lahan hutan negara. “Berbagai komoditi ini secara ekonomi sangat menguntungkan karena itu kami bermitra dengan investor dan mengajak siapapun yang berminat mengembangkan pertanian untuk bekerjasama dengan HPPMI,” katanya.

Dalam berbagai usaha mengembangkan pertanian, Aldi mengaku sangat terbantu oleh Anggota DPR RI Komisi IV, Ichsan Firdaus yang memfasilitasi HPPMI untuk membuka komunikasi dengan pemerintah dan juga dengan investor. “Bang Ichsan selalu mendamping kami dalam mengembangkan usaha di sektor pertanian ini,” tandasnya.

 

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed