by

KKN Covid-19, Kerja Lapangan di Tengah Pandemi

Tangerang – Seperti yang telah diketahui bahwa Covid-19 telah memengaruhi segala aspek kehidupan manusia. Salah satunya adalah kegiatan perkuliahan mahasiswa menjadi terbatas.

Nur Azmi Fatonah (21), salah satu mahasiswi UNS, memaparkan bahwa memang betul adanya Covid-19 ini berdampak bagi kegiatan perkuliahannya. Pada pada Kamis (23/07/2020), Fatonah menjelaskan juga bahwa pelaksanaan KKN menjadi terkendala, namun kemudian kendala tersebut dapat diatasi dengan diadakannya KKN Covid-19.

“Dengan KKN Covid-19 seperti ini sebenarnya tidak buruk. Ada dampak positifnya juga. Selain hemat ongkos, orang tua juga tidak perlu memberi uang saku, dan kita tidak perlu jauh-jauh hidup di perantauan” ujar Fatonah.

Mahasiswi UNS yang berdomisili di Tangerang itu juga memaparkan bahwa pelaksanaan KKN biasa dengan KKN Covid-19 pada dasarnya sama. Perbedaannya hanya waktu pelaksanaannya saja, yaitu KKN Covid-19 dilaksanakan pada masa pandemi, sedangkan KKN biasa tidak.

KKN Covid-19 sempat dikiranya tidak asik, karena terbatasnya ruang dan waktu serta terbatasnya teman-teman yang membersamainya juga. Akan tetapi, kini ia menyadari bahwa KKN biasa dan KKN Covid-19. Kedua jenis KKN tersebut sama-sama memiliki tugas yang sama, yaitu mengabdi kepada masyarakat untuk melaksanakan Tri Dharma Perguruan Tinggi.

Arabiah, ibu rumah tangga, menerangkan bahwa masyarakat turut senang dan terbantu dengan adanya KKN Covid-19. Masyarakat dapat memahami mana yang baik dan buruk untuk dilakukan. Selain itu, masyarakat juga dapat secara langsung belajar cara menjaga kebersihan tubuh, khususnya area tangan.

Selanjutnya, Fatonah berharap agar pandemi ini segera berakhir, sehingga segala aktivitas dapat kembali berjalan seperti semula. Ia juga berharap agar KKN Covid-19 dapat berjalan dengan lancar dan sukses.

 

Reporter: Fira Wandira | Editor: Adelia Maulitania

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed