by

Lomba Makan Koin, Keseruan Lomba Sarat Makna

Reporter: Fira Wandira

Editor: Kens

 

Indonesia merdeka pada 17 Agustus 1945, tepat di tahun 2020 sudah genap 75 tahun Indonesia bebas dari kukungan penjajah. Walau banyak rintangan yang datang, Indonesia tetap menjadi negara satu kesatuan.

Tanggal 17 Agustus ditetapkan sebagai hari kemerdekaan dan hari ulang tahun Indonesia. Dimana masyarakat berlomba untuk memeriahkan hari kemerdekaan seperti menghias rumah dan perkampungan, mengikuti upacara proklamasi tahun 1945 dan ikut andil dalam perlombaan.

Mengutip dari laman Wikipedia menurut JJ Rizal pada tahun 1950-an perlombaan-perlombaan muncul, setelah Hari Ulang Tahun Republik Indonesia yang ke-5. 

Dalam penjelasan tentang perlombaan juga menurut sejarahwan Universitas Indonesia (UI) menerangkan bahwa masa-masa kontemporer dan kaitan-kaitan dalam perlombaan membuat warga bisa bersilaturahim dan menumbuhkan rasa cinta dan pengertian. Sehingga menimbulkan solidaritas dan sportivitas. Ia juga menjelaskan bahwa kalah dan menang, itu semua merupakan permainan yang harus dilapangkan dan saling legowo, tidak perlu adanya kemarahan. (sumber Jawa.pos)

Perlombaan yang sering dan akan selalu hadir dalam rangkaian Hari Ulang Tahun Republik Indonesia yaitu makan koin. Memakan koin dari buah yang dilumuri cairan gelap seperti oli atau coklat, biasanya dilakukan dengan mengambil dari mulut tanpa dipegang atau dengan tangan diikat.

Pada perlombaan makan koin ini biasanya wajah peserta lomba akan kotor terkena oli atau coklat. Kejadian ini mengingatkan tentang para pejuang Indonesia yang melakukan penyamaran sewaktu melakukan gerilya, khususnya pada agresi militer Belanda ke 1 dan 2. 

Agresi militer 1 dan 2, agresi militer 1 dimulai pada 21 Juli  1947 sampai 5 Agustus dan Agresi militer 2 pada 19 Desember 1948 sampai 20 Desember  1948. Tujuan agresi militer Belanda ini yaitu untuk merebut daerah-daerah perkebunan yang kaya dan daerah yang mempunyai sumber daya alam terutama minyak.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed