by

Galangan Kapal VOC Yang Mulai Terlupakan

foto : Istimewa

BOGORIN.COM – Ratusan tahun menduduki Indonesia, Bangsa Belanda meninggalkan begitu banyak warisan untuk negeri kita. Terlepas dari kekejaman para penjajah, sejumlah bangunan peninggalan kolonial hingga kini masih kokoh berdiri untuk kita kagumi. Salah satunya adalah Galangan VOC yang berada di Jakarta.

Sesuai dengan namanya Galangan VOC merupakan bekas galangan atau tempat berlabuhnya kapal-kapal serikat dagang Belanda. Seiring berjalannya waktu, bangunan yang digunakan sudah beberapa kali mengalami perubahan fungsi. Namun sayang, belakangan peninggalan monumental ini seolah mulai terlupakan oleh pemilik maupun pemerintah setempat.

foto : Istimewa

VOC (Vereenigde Oostindische Compagnie) adalah serikat dagang Belanda yang sangat disegani pada masa keemasannya. Upaya mereka untuk memonopoli perdagangan Indonesia menuai sukses. Di berbagai daerah Indonesia, kantor-kantor pusat VOC sangat mudah ditemui.

Berdiri pada 1628, Galangan VOC di Jl Kakap, Penjaringan, Jakarta Utara, pernah menjadi salah satu titik tersibuk di Batavia. Beragam kapal, besar maupun kecil, melakukan bongkar muat di lokasi ini. Beberapa membawa muatan berharga seperti rempah-rempah dan kain sutra bernilai tinggi.

Kini, galangan kapal VOC yang tersisa hanyalah dua bangunan utama, yakni gedung selatan dan gedung utara yang terdiri dari dua lantai, serta taman belakang. Itupun banyak area yang terbengkalai.

 

 

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed