by

Harga Janda Bolong Mencapai 120 Juta Rupiah

Tanaman hias Janda Bolong kembali meroket dan harganya pun bisa membuat ‘dompet’ menjerit.

BOGORONLINE.com – Tanaman Janda Bolong atau Monstera Adansonii Variegata sendiri merupakan tanaman hias yang unik karena daunnya terdapat lubang alias bolong-bolong. Tanaman hias ini sedang ngetrend saat ini.

Terutama di musim pandemi Covid-19 ini, demam tanaman hias melanda di Indonesia. Meskipun tahun 2020 hanya tinggal 2 bulan yang tersisa, tapi nyatanya wabah pageblug Covid-19 ini belum juga angkat kaki dari Indonesia.

Di masa-masa inilah orang-orang mulai mencari kegiayan baru dan menjadi bagian dari pecinta tanaman hias. Masyarakat punya hobbi baru yang menyegarkan.

Tanaman Janda Bolong yang harganya bukan main bikin mendelik pun juga tidak mengurangi banyak peminatnya. Tanaman ini banyak diburu, bahkan untuk harga per daunnya saja bisa mencapai Rp 40 juta.

Namun, jangan salah ya, tanaman Janda Bolong yang lebih mahal ini adalah tanaman hias Import yang memiliki bentuk yang menarik yang tidak dimiliki oleh tanaman hias lainnya.

Apa tuh?

menurut Mas Paul yang merupakan penghobi dan kolektor tanaman hias, tanaman hias Janda Bolong yang harganya mahal adalah tanaman Janda Bolong atau Monstera Adasonii Variegata yang sudah mengalami mutasi genetik secara alami.

Mutasi genetik yang dimaksud adalah daun monstera yang mengalami perubahan warna hasil mutasi ini menghasilkan perpaduan warna hijau dan putih dan kadang kuning pada daunnya.

Harganya sendiri untuk 1 pot Janda Bolong dengan daun 3 helai dihargai Rp 90 juta, sedangkan yang anakan dengan daun kecil-kecil dihargai Rp 45 juta.

Selain Janda Bong yang mengalami mutasi dan Janda Bolong Monstera Obliqua adalah salah satu Janda Bolong termahal. Harga 1 potnya mencapai Rp 120 juta dengan jumlah 3 helai daun.

Tanaman jenis Monstera tersebut merupakan jenia tanaman yang paling langka. Daunnya sangat tipis dan lebih banyak lubang-lubangnya.

Dibandingkan daun, ukuran dan penampilan daunnya sekilas mirip dengan Monstera Adansonii namun tanaman Monstera jenis ini sangat jarang dijumpai sehingga harga jualnya sangat tinggi.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed