by

Manfaat Daun Bidara! Nomor 4 Bikin Kamu Tercengang!

BOGORONLINE.com, – Bidara atau widara (ziziphus mauritiana) adalah pohon kecil penghasil buah yang tumbuh di daerah kering ini memiliki daun yang umumnya berbentuk bulat panjang. Manfaat daun bidara untuk kesehatan yang akan diulas ini mungkin belum banyak kamu ketahui.

Tanaman ini dikenal pula dengan nama jujube. Salah satu bagian dari pohon ini yang mempunyai manfaat untuk kesehatan adalah daunnya. Penasaran kan? Yuk, simak di bawah ini.

1. Meringankan diabetes

Diabetes adalah salah satu penyakit yang dianggap berbahaya jika tidak mendapatkan perawatan yang maksimal. Beberapa pengobatan perlu dilakukan untuk mengobati atau mengurangi efek komplikasinya.

Salah satu bahan herbal yang bisa dimanfaatkan untuk mengurangi efek buruk diabetes adalah dengan daun bidara. Daun bidara memiliki kandungan senyawa yang mampu melindungi tubuh dari kerusakan sistem pengaturan kadar gula. Kamu bisa mengonsumsi rebusan daun bidara untuk menstabilkan kadar gula dan darah. Daun bidara juga dapat membantu dalam mengatur sistem perlindungan terhadap pengoptimalan produksi insulin.

2. Mempercepat penyembuhan luka

Manfaat daun bidara selanjutnya yaitu untuk mempercepat penyembuhan luka. Daun bidara dipercaya memiliki sifat anti-inflamasi dan antibakteri yang dapat membantu penyembuhan luka seperti luka sayatan, lecet atau luka akibat goresan.

Daun bidara juga memiliki senyawa glikosida yang bermanfaat membantu menyembuhkan luka bakar dan membantu menghilangkan bekas luka pada kulit. Manfaat daun bidara untuk menyembuhkan luka berasal dari kemampuannya untuk mempercepat regenerasi kulit.

3. Mengurangi kolesterol

Daun bidara juga bisa menurunkan kolesterol jahat dalam darah. Kolesterol dalam tubuh bisa turun jika kamu mengonsumsi serat daun bidara yang larut dalam air.

Serat tersebut bisa didapatkan dari air rebusan daun bidara. Manfaat daun bidara ini bisa mengikat kolesterol dalam sistem pencernaan dan membuangnya keluarnya melalui urine atau feses.

4. Membantu mengatasi masalah keputihan

Keputihan adalah salah satu masalah yang sering terjadi pada beberapa wanita. Bahkan, keputihan bisa menyebabkan rasa tidak nyaman atau gatal di area vital. Mengonsumsi daun bidara direkomendasikan kepada mereka yang mengalami keputihan.

Karena daun bidara memiliki kandungan anti jamur dan anti bakteri sehingga dapat mengurangi efek tidak nyaman dari keputihan. Untuk penggunaanya kamu dapat mencampurkan air rendaman daun bidara untuk membersihkan area tersebut, lakukan beberapa kali sehari atau saat setelah selesai mandi.

5. Meredakan wasir

Daun bidara juga berfungsi meredakan gangguan wasir. Penyakit ini sangat mengganggu saat kamu melakukan aktivitas, apalagi ketika harus banyak duduk ini sangat menyiksa.

Untuk meredakannya, kamu bisa meminum air rebusan air bidara atau juga bisa dibuat jus. Demi hasil yang maksimal, kamu bisa tumbuk halus daun bidara dan balurkan pada daerah yang terjangkit wasir.

Reporter: Dea Rizky Ramadhan

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed