by

One Stop Shopping: Sirkus Waterplay

BOGORONLINE.com – Sebagian orang tidak menginginkan ketidakpratisan, bahkan dalam masalah berwisata. Untuk itu, one stop shopping menjadi destinasi wisata yang menarik untuk dikunjungi. Jika diartikan secara istilah, one stop shopping berarti berbelanja di satu tempat—namun, bisa juga diartikan sebagai tersedianya beberapa layanan di satu tempat. Salah satunya yaitu Sirkus Waterplay.

Sirkus Waterplay merupakan indoor waterpark pertama di Indonesia. Berlokasi di Kota Bekasi, tepatnya di Jalan Wibawa Mukti 2 No. 36, Jatiasih, Sirkus Waterplay memiliki akses yang sangat mudah untuk dijangkau. Di sini, pengunjung bisa berenang dari pagi hingga sore hari tanpa takut kepanasan atau kehujanan. Waterpark yang satu ini sangat cocok untuk anak-anak, karena tidak ada wahana yang terlalu ekstrem. Selain itu, konsep dunia sirkus berwarna cerah menjadi daya tarik tersendiri bagi pengunjung, terutama anak-anak. Neni (42), pemilik Sirkus Waterplay, menambahkan bahwa lantai yang digunakan di Sirkus Waterplay aman untuk anak-anak karena berbahan rubber.

Meski sempat ditutup pada saat PSBB diberlakukan, Sirkus Waterplay sudah buka kembali sejak tanggal 6 Juni 2020. Diakui Neni, dibukanya Sirkus Waterplay berdasarkan pernyataan WHO yang menyebut bahwa kolam renang aman digunakan, karena kandungan klorin dalam air kolam renang dapat membunuh segala jenis virus. Selanjutnya, Neni menjamin bahwa berenang di Sirkus Waterplay aman bagi pengunjung; hal itu bisa dibuktikan dengan adanya izin operasi dari dinas terkait.

“Kami juga selalu menjaga kebersihan dengan penyemprotan disinfektan di setiap sudut, sebelum dan sesudah datangnya pengunjung,” tambah Neni.

Sirkus Waterplay menerapkan protokol kesehatan ketat untuk pengunjung dan petugas. Mulai dari mencuci tangan, penyemprotan disinfektan, hingga pengecekan suhu tubuh. Pengunjung juga diimbau untuk selalu menjaga jarak satu sama lain selama berada di area Sirkus Waterplay. Agar lebih aman, pengunjung bisa membawa alat berenang, alat makan, dan alat ibadah sendiri.

Sirkus Waterplay menyediakan lima pilihan kolam renang dengan kedalaman dan suhu yang berbeda. Babypool, merupakan kolam air hangat dengan kedalaman 40 sentimeter. Ada pula kiddypool (40 sentimeter), wpool (80 sentimeter), dan semi olympic (120 sentimeter) dengan air dingin. Keempat kolam tersebut ada di dalam ruangan (indoor), sementara satu kolam lagi yakni kolam dewasa (150 sentimeter) berada di luar ruangan (outdoor).  Selain banyaknya pilihan kolam, pengunjung juga bisa bermain berbagai wahana, seperti race slide, body slide, family slide, ember tumpah, dan air mancur. Fasilitas lainnya, yaitu indoor playground, tempat fitness anak, restoran, dan musala. Jika beruntung, pengunjung juga akan dihibur oleh penampilan badut yang ceria.

Bukan tanpa alasan, para badut yang tergabung dalam Yayasan Aku Badut Indonesia itu membawa misi kemanusiaan dalam setiap penampilannya—mereka membuka donasi untuk membuat program trauma healing bagi anak-anak korban bencana, korban perang, penyintas kanker, anak jalanan, miskin, dan terlantar. Misi terdekat mereka salah satunya yaitu membantu saudara-saudara yang ada di Rohingya.

Harga masuk ke Sirkus Waterplay terbilang murah. Setiap hari kerja, harga tiket masuk sebesar Rp30.000, sementara hari libur dan/atau libur nasional, harga tiket masuk sebesar Rp40.000. Tidak kalah menarik, Sirkus Waterplay mengadakan diskon “Jumat berkah”, dan pengunjung cukup membayar tiket seharga Rp15.000 saja; harga tersebut belum termasuk makanan dan loker.

Di lokasi yang sama, di bagian luar waterpark terdapat salon dan spa untuk ibu dan bayi. Bagi pengunjung yang ingin menggunakan layanan ini, diminta untuk melakukan pemesanan terlebih dahulu. Selain itu, ada pula kedai kopi untuk bersantai. Dengan begitu, istilah one stop shopping sangat tepat disematkan untuk Sirkus Waterplay, karena menyediakan berbagai layanan dalam satu lokasi. Kapan lagi bisa berwisata sekaligus berdonasi di satu tempat, bukan?.

Reporter        : Anne Anisa

Fotografer      : Anne Anisa

Editor          : Elya Rosa Gobel

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed