by

Suka Makan Pepaya? Ternyata Buah Pepaya Memiliki Segudang Manfaat Lho!

BOGORONLINE.com, – Pepaya adalah sumber alami vitamin dan mineral penting untuk fungsi normal tubuh. Seluruh buah, termasuk bagian lain dari pohon, bermanfaat bagi kesehatan dalam beberapa cara. Pepaya dalam bentuk mentahnya mengandung enzim, yang digunakan dalam persiapan suplemen makanan dan permen karet.

Tidak hanya enak, pepaya yang rendah kalori ini ternyata punya segudang kandungan mineral dan vitamin. Tak heran jika ada banyak manfaat pepaya bagi tubuh kita. Pepaya mengandung banyak sekali nutrisi, bahkan sangat kaya akan vitamin C, vitamin A dan vitamin E.

Buah pepaya yang sering kita temui ternyata memiliki banyak manfaat kesehatan juga lho, penasaran kan? Yuk, simak di bawah ini!

1. Kesehatan Jantung

Pepaya yang mengandung vitamin C dan likopen bisa menjadi salah satu makanan yang membantu mengurangi risiko penyakit jantung. Selain itu, antioksidan dalam pepaya juga dapat meningkatkan efek kolesterol baik (HDL) yang ada di dalam tubuh.

2. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Vitamin A, C dan E dalam pepaya bisa membantu menguatkan sistem kekebalan tubuh. Hasilnya, kita pun dapat terhindar dari penyakit infeksi, seperti pilek dan flu.

3. Mengurangi Jerawat & Luka Bakar

Lateks yang diperoleh dari pepaya digunakan untuk mengobati daerah pada kulit yang terkena jerawat. Sisi berdaging kulit pepaya dapat digunakan sebagai masker untuk menyembuhkan jerawat.

Punya luka bakar? Gunakan pepaya. Ketika lateks dari buah diterapkan pada area yang terbakar, dapat membantu mengurangi tanda yang disebabkan oleh luka bakar, membuatnya efektif dalam membantu mengobati luka dan bisul.

4. Meredakan Sembelit

Kehadiran folat, vitamin C dan vitamin E dalam pepaya dapat mengurangi mabuk perjalanan dengan menghasilkan efek tonik pada lambung dan usus.

Serat yang diperoleh dari buah membantu meningkatkan pergerakan usus, gerakan usus yang membaik membantu meringankan buang air besar, sehingga mengurangi efek sembelit.

5. Mengatur Menstruasi

Jus pepaya sangat membantu bagi wanita dengan menstruasi yang tidak teratur. Konsumsi pepaya hijau yang mentah dapat menormalkan ketidakteraturan dalam siklus periodik seseorang.

Pepaya dianggap sebagai ‘makanan panas’, artinya mereka menghasilkan panas dalam tubuh. Produksi panas yang berlebihan dalam tubuh ini diduga merangsang hormon estrogen, yang memicu periode pada wanita. Oleh karena itu, pepaya dapat bermanfaat dalam menangani menstruasi yang sulit.

 

Reporter: Dea Rizky Ramadhan

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed