by

Anak Bosan Belajar Online? Begini Tipsnya Agar Belajar Online Jadi Makin Seru

Foto : Istimewa

BOGORONLINE.com, Adanya Pandemi Covid membuat sekolah-sekolah ditutup dan dianjurkan untuk siswa-siswi untuk belajar secara online. Belajar Online atau belajar jarak jauh ini terkadang membuat anak merasa jenuh, bahkan bukan hanya anak yang merasakan dampaknya akan tetapi orang tua pun juga ikut stres menghadapinya. Disaat seperti ini jangan terlalu keras pada anak dan sedikit longgarkanlah aturan.

Emily Muud, Ph.D., adalah seorang Psikolog anak yang mengakatakan bahwa situasi saat ini memang tidak ideal. Ia menambahkan “Pentingnya menerima dan memaafkan diri sendiri karena tidak dapat membuat semua bekerja dengan sempurna dirumah,” dikutip dari Health Essentials.

Agar tidak merasa jenuh dan stres, buatlah suasana belajar online terasa lebih mudah dan seru bagi anak. Caranya yaitu :

1. Mengatur Jadwal Makan
Coba buatlah bekal makanan seperti ke sekolah, karena biasanya di rumah saja membuat orang makan setiap waktu, bahkan anak-anak pun begitu. Oleh karena itu sangat penting untuk membuatkan jadwal makan yang teratur.

Ketika makan siang tiba, minta anak untuk memakan bekalnya yang sudah disiapkan. Dengan begitu, anak akan tertib makannya. Hal tersebut akan membuat belajar online tidak terganggu. Yuk dicoba di rumah.

2. Ambil Kesempatan Bergerak Saat Ada Jeda Pelajaran
Menatap layar dengan lama bisa membuat mata anak lelah dan bahkan bisa membuat postur tubuh jadi kurang baik. Oleh sebab itu, bergeraklah disaat ada jeda pelajaran atau break.

Anda bisa berlari di sekitar rumah bersama anak, berjoget selama 10 menit, atau bahkan bermain hula hoop di dekat ruang belajar.

3. Mengingatkan Waktu Kepada Anak
Penting untuk menyeimbangkan waktu belajar yang sesuai dengan yang dibutuhkan karena pasti selalu ada hal lain juga yang harus dilakukan, misalnya seperti mengerjakan pekerjaan rumah (PR). Yang harus dilakukan agar orang tua dan anak tidak jenuh dan stres yaitu dengan mengatur waktu.

Aturlah waktu yang ditetapkan untuk memulai dan menyelesaikan tugas sekolah. Agar anak menjadi disiplin waktu dan waktu antara belajar dan bermain di rumah itu seimbang.

4. Memprioritaskan Anak Untuk Berinteraksi Dengan Temannya
Hal yang pasti dirindukan anak-anak pada saat belajar online yaitu bercengkrama dan berkumpul bersama teman. Hal tersebut harus diprioritaskan agar bisa bermanfaat bagi kesehatan mental anak.

Katie Hurley, LSCW, penulis No More Mean Girls dan The Happy Kid Handbook, mengatakan, “Walaupun membutuhkan kreativitas, hal tersebut dapat dilakukan melalui video call atau bahkan melakukan hal-hal seru seperti bermain teka-teki.”

Ia menambahkan, “Orang tua yang kreatif dan fleksibel dengan hal tersebut, dapat membuat anak menemukan cara untuk memperkuat ikatan mereka dengan temannya dan menghabiskan waktu bersamanya.”

5. Jangan Ganggu Anak Ketika Bermain Sendiri
Terkadang anak juga perlu untuk tidak diganggu ketika main sendiri. Menurut riset, bermain sendiri dapat membuat tenang dan mengurangi stres anak.

Sama halnya dengan orang dewasa yang membutuhkan ‘me time‘. Nah, ‘me time‘nya anak-anak yaitu bermain sendiri dan itu akan membuat mereka lebih bersemangat lagi untuk menyambut hari esok.

Caranya sangat mudah dengan menyediakan mainan, buku gambar dan biarkanlah anak bermain sendiri. Begitu lah caranya.
Semoga cara ini membantu orang tua agar belajar online anak lebih mudah dan seru. Jangan lupa selalu memakai masker, jaga jarak, dan cuci tangan pakai sabun ya..(Elya Rosa Gobel)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed