by

Tips Diet Sehat Efektif Turunkan Berat Badan

Bogoronline.com, – Seperti diketahui, berat badan masih menjadi masalah yang kerap mengganggu bagi sebagian orang. Salah satunya, bagi orang dengan berat badan berlebih banyak yang merasa kurang percaya diri dengan bentuk tubuh yang dimiliki. Sebab, secara tidak langsung kondisi ini dapat mengganggu penampilan, baik dialami oleh pria maupun wanita.

Lebih dari itu, kondisi berat badan yang berlebihan tentu saja menimbulkan kondisi tubuh yang kurang sehat. Di mana tubuh menjadi lebih susah digerakkan, cepat merasa lelah, hingga dapat meningkatkan risiko penyakit tertentu akibat obesitas. Untuk itu, menjaga berat badan yang ideal perlu dilakukan oleh setiap orang. Hal ini penting dilakukan demi mendapatkan tubuh yang sehat, bugar, dan tidak mudah terserang penyakit.

Tapi agar diet yang dilakukan tidak sembarangan dan membahayakan kesehatan, tentu ada beberapa hal yang harus diperhatikan. Berikut adalah  Tips diet sehat yang bisa menurunkan berat badan secara aman dan alami.

1. Jangan Biarkan Tubuh Kelaparan

Cara diet sehat yang pertama dengan menghilangkan kebiasaan yang membuat tubuh Anda kelaparan. Diet dengan menahan lapar secara berlebihan biasanya justru akan menjadi jalan untuk balas dendam dengan makan berlebihan.

Kasus ini sudah banyak terjadi dan seringkali akan berakhir dengan kegagalan. Meninggalkan perut hingga kondisi lapar hanya akan membuat Anda semakin sulit menahan nafsu saat ada makanan. Akibatnya, Anda akan melupakan cara diet sehat dan malah memakan apapun yang ada di depan Anda.

Untuk mengatasinya, selalu sediakan bekal sehat di dalam tasmu. Makanan porsi kecil tapi bergizi tinggi seperti telur rebus, greek yoghurt atau pisang dapat memenuhi kebutuhan tubuh kamu seketika tanpa meninggalkan kalori yang berlebihan.

2. Jangan Lupakan Serat

Serat merupakan salah satu nutrisi yang bisa menurunkan berat badan dan menjaganya agar tidak cepat naik kembali. Nutrisi ini bisa ditemukan di berbagai menu makanan sehat seperti sayur, buah, dan kacang-kacangan.

Makanan tinggi serat juga bisa memudahkan buang air besar yang sangat membantu dalam proses menurunkan berat badan.

3. Perbanyak Konsumsi Sayur

Mengonsumsi menu makanan yang didominasi sayur seperti salad sebelum makan besar bisa membuat kalian merasa kenyang lebih cepat dan bisa membantu kalian makan dengan porsi lebih sedikit.

4. Hindari Diet ‘Modis’

Diet ‘modis’ atau fad diet biasanya dapat membantu menurunkan berat badan dengan lebih cepat. Tapi diet seperti ini biasanya sangat ketat dan sulit untuk dipertahankan. Akibatnya berat badan kalian justru naik-turun dengan cepat seperti yoyo.

Selain itu, sebisa mungkin hindari diet dengan mengonsumsi obat penurun berat badan yang tidak jelas asal-usulnya. Agar lebih aman, kalian tentu bisa mencoba cara diet sehat tanpa obat yang ada di daftar ini.

5.  Kurangi Karbohidrat Olahan

Karbohidrat olahan adalah jenis karbohidrat yang telah diolah sedemikian rupa sehingga serat dan nutrisi lainnya hilang. Jenis-jenis karbohidrat olahan antara lain tepung, pasta dan roti tawar.

Sebagai pengganti, konsumsi makanan dengan karbohidrat kompleks seperti gandum, quinoa, kentang atau wortel. Makanan ini memiliki lebih banyak nutrisi dan bisa membuat kalian merasa kenyang lebih lama.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed