by

Ada Dua Wacana Jadwal Pilkada, KPU Kota Bogor: Siap Kapanpun

BOGORONLINE.com, Kota Bogor – Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Bogor Samsudin menyatakan pihaknya siap melaksanakan pemilihan kepala daerah (Pilkada) kapanpun waktunya. Hal ini menanggapi adanya dua wacana jadwal pesta demokrasi lima tahunan tersebut.

“Pada prinsipnya KPU RI, KPU Provinsi, KPU Kota siap melaksanakan kapanpun,” kata Samsudin kepada awak media, baru-baru ini.

Dijelaskan, jika mengacu kepada UU 10/2016 bahwa pilkada serentak dilaksanakan pada November 2024 atau sebulan setelah pelantikan presiden terpilih.

Namun, sambungnya, dari hasil evaluasi pilkada serentak 2019 lalu, tak sedikit penyelenggara yang kelelahan hingga meninggal dunia.

“Ketika dievaluasi pemilu 2019, ada 600 orang penyelenggara pemilu seluruh Indonesia meninggal karena kelelahan. Karena menghitung lima surat suara, lima kotak dengan waktu yang sangat sempit,” ungkapnya.

Apabila pilkada serentak dilaksanakan pada 2024, lanjut dia, maka akan ada tahapan dan juga pilkada sekaligus yang beririsan waktunya. Hal itu tentu akan menyebabkan kelelahan juga baik dari penyelenggara dan peserta.

Setelah dilakukan Rapat Dengar Pendapat (RDP) antara DPR RI bersama pemerintah pusat, KPU dan Bawaslu, kata Samsudin, ada dua wacana mengenai jadwal pelaksanaan pilkada periode mendatang.

“Ada dua wacana. Pertama tahun 2022. Pertimbangannya agar setiap tahapan pilkada dan pemilu dilaksanakan dengan jeda waktu yang leluasa. Tahun 2020 pilkada, 2021 kosong, 2022 pilkada, 2023 kosong, tahun 2024 pemilu,” ujarnya.

Yang kedua, pilkada dilaksanakan pada 2023. Dengan kata lain, pilkada ini kembali ke jadwal normal. Sebab, pilkada Jawa Barat termasuk Kota Bogor terakhir dilaksanakan pada 2018.

Namun, kata Samsudin, sejauh ini pihaknya belum mendapatkan keputusan mengenai jadwal pilkada tersebut. “Kemungkinan akan dibahas tahun 2021, itu informasi yang kami dapatkan,” ucapnya. (Hrs)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed