by

Alternatif Pengganti Nasi Bagi Yang Sedang Diet

Sumber : istockphoto

BOGORONLINE.com, Bogor – Nasi adalah sumber karbohidrat yang sangat dibutuhkan oleh tubuh kita. Jika kekurangan karbohidrat badan kita akan terasa lesu dan bisa menyebabkan penyakit. Dalam satu piring nasi putih yang di masak, setidaknya terkandung sekitar 204 kalori. Satu piring nasi putih mengandung 2 persen lemak, 89 persen karbohidrat, serta 9 persen protein. Nasi memang memiliki jumlah kalori yang cukup banyak bagi yang sedang menjalankan program diet.

Orang-orang yang sedang diet kini menghindari nasi dan mencari makanan lain sebagai pengganti. Nasi di hindari karena membuat gula dan lemak menumpuk di dalam tubuh. Sebagai pengganti nasi, pilihlah makanan dari jenis karbohidrat kompleks. Makanan berkarbohidrat kompleks, akan membantu tubuh mengontrol gula darah sehingga nafsu makan jadi lebih terkontrol. Berikut makanan pengganti nasi yang bisa kamu pilih agar sumber karbohidrat di dalam tubuh tetap terpenuhi.

1. Beras merah
Beras merah memiliki warna yang unik karena kandungan antosianinnya yaitu senyawa yang berfungsi melindungi sel dari kerusakan akibat paparan sinar matahari. Dan beras merah juga memiliki kandungan antioksidan.  Dalam  100 gram, beras merah memiliki tujuh gram protein dan dua gram serat, karena lebih banyak serat nasi merah sehingga akan lebih membuat perut kenyang.

2. Oatmeal
Oatmeal merupakan sumber serat yang sangat baik kaya akan vitamin, mineral dan antioksidan. Sebagai makanan pengganti nasi, oatmeal memiliki efek kesehatan yang menguntungkan, seperti menurunkan kadar gula darah dan kolesterol.

3. Kentang
Kentang mengandung lebih banyak vitamin dan nutrisi dari pada beras. Agar tetap bergizi, jika ingin mengonsumsi kentang dengan lebih lezat, pilih bumbu yang rendah kalori dan sehat seperti bawang putih atau minyak zaitun sebagai pendampingnya. Kentang menjadi makanan diet favorit.

4. Ubi
Ubi yang berwarna kuning atau oranye mengandung banyak vitamin dan serat, sehingga cocok sebagai makanan pengganti nasi. Selain itu ubi juga kaya magnesium dan mangan yang meningkatkan kesehatan jantung serta tulang. Belum lagi karotenoid, antioksidan yang ampuh melawan penuaan dan mencegah kanker. Ubi juga bisa menjadi pengganti nasi atau kentang yang lebih sehat karena cenderung rendah gula.

5. Shirataki
Shirataki di juluki sebagai mie ajaib karena sangat rendah kalori. Setiap 100 gram shirataki mengandung 15 kalori, 0.02 gram lemak dan 3.44 gram karbohidrat dan 0.19 gram protein. Karena 97 % berupa air dan berserat tinggi maka konsumsi shirataki akan memberi rasa kenyang lebih lama, cocok sebagai makanan pengganti nasi. Selain itu, shirataki juga mengandung glucomannan, serat larut yang baik untuk mengobati sembelit, membantu menurunkan berat badan, dan menjaga gula darah stabil.

6. Quinoa
Quinoa adalah salah satu makanan pengganti nasi yang belakangan ini populer di dunia. Quinoa merupakan salah satu dari beberapa tanaman yang mengandung sembilan asam amino esensial. Makanan pengganti nasi yang mengandung protein bebas gluten ini jjuga tinggi serat, magnesium, vitamin B, zat besi, kalium, kalsium, fosfor, vitamin E dan berbagai antioksidan yang bermanfaat untuk tubuh.

Reporter : Sausan de Ananda

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed