by

Tips Mengatasi ‘Maskne’, Jerawat Akibat Memakai Masker

Foto : Istimewa

BOGORONLINE.com, Semenjak pandemi covid-19 melanda, kita diwajibkan untuk selalu menggunakan masker setiap melakukan aktivitas di luar rumah. Hal ini menimbulkan masalah jerawat bagi sebagian orang, yang dikenal dengan sebutan ‘maskne’.

Maskne atau mask acne adalah munculnya jerawat di area yang tertutup oleh masker, seperti sekitar dagu, hidung, pipi bagian bawah,dan mulut.

Yang membuat jerawat mudah muncul yaitu dengan adanya gesekan bahan masker ditambah kulit yang lembab akibat tertutup masker. Dan parahnya ketika wajah menggunakan make up di balik masker yang memicu tersumbatnya pori-pori.

Berikut tips mengatasi ‘maskne’ yang dikutip dari siaran resmi Derma Angel.

1. Memastikan Wajahnya Bersih Tanpa Pori-Pori Yang Tersumbat
Salah satu faktor utama mencegah maskne agar tidak bertambah parah yaitu kebersihan. Yang harus dilakukan yakni selalu memastikan wajahnya bersih tanpa kotoran yang menyumbat pori-pori. Baiknya dilakukan sebelum menggunakan masker maupun setelah melepas masker.

2. Pakai Obat Jerawat
Pakailah obat jerawat yang cocok dengan kulit untuk mengatasi jerawat yang muncul di wajah.

3. Gunakanlah Toner
Gunakan selalu toner untuk mengembalikan kondisi wajah di pH yang seimbang setelah mencuci wajah. Hal ini dilakukan agar hasil penyerapan skincare yang lebih baik.

4. Merawat Kulit Seperti Biasa
Selain menggunakan toner, jangan lupa lindungi wajah dengan menggunakan pelembap serta tabir surya setiap hari. Meski berada di dalam rumah sekalipun, tetap harus menggunakan tabir surya karena adanya paparan sinar matahari yang masuk lewat jendela.

5. Pakai Masker Yang Bersih
Sebelum menggunakan masker, pastikan selalu masker yang akan digunakan bersih. Dan jangan lupa untuk selalu membawa masker ganti, jika sedang pergi dalam waktu yang lama. Lebih baiknya lagi masker diganti setiap empat jam. (Elya Rosa Gobel)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed