by

Memiliki Kemiripan Yang Sama Saat Di Hidangkan, Ini Dia Perbedaan Es Dawet Dan Es Cendol

Sumber : resepgulaku

BOGORONLINE.com, Bogor – Saat musim kemarau tiba pastinya masyarakat melampiaskan dengan meminum es yang segar di siang hari, seperti minuman yang satu ini banyak di sukai yaitu es cendol atau es dawet. Terlebih lagi nama cendol dan dawet tidak asing lagi ya di kuping kita, karena minuman segar satu ini menjadi lirik dalam sebuah lagu penyanyi alm. Didi kempot yang seketika menjadi populer di kalangan sobat ambyar.

Minuman cendol dan dawet di nikmati karena kelezatannya. Minuman ini keduanya sama sama di hidangkan dengan larutan gula merah sebagai pemanis dan di guyur dengan santan cair. Namun memiliki penampilan yang serupa ternyata dawet dan cendol memiliki perbedaannya loh. Berikut beberapa perbedaan cendol dan dawet.

1. Bahan baku

Perbedaan yang utama dari cendol dan dawet adalah bahan baku tepung yang berbeda. kalau cendol menggunakan tepung kacang hijau atau hunkwe, sedangkan dawet menggunakan tepung beras. Untuk pewarnanya es dawet menggunakan pewarna makanan, sedangkan isian es cendol di warnai hijau dengan daun suji.

2. Asal daerah cendol dan dawet

Sama – sama membuat tenggorokan terasa segar, ternyata keduanya berasal dari daerah yang berbeda. Es cendol berasal dari Sunda, sedangkan es dawet asalnya dari Banjarnegara.

3. Proses mencetak

Agar terlihat rapi, biasanya cendol di bentuk menggunakan alat pencetak khusus. Beda dengan es dawet, isian minuman ini di bentuk menggunakan alat dapur seadanya. Oleh karenanya ujung dawet sering kali berbentuk lebih runcing dari cendol.

4. Tekstur

Dari segi tekstur, dawet lebih lembut dan halus sementara cendol cenderung lebih kenyal. Melihat proses pembuatannya, dawet di cetak dengan perkakas dengan lubang – lubang sehingga bentuknya memanjang dan lancip. Ini berbeda dengan cendol yang menggunakan alat pencetak khusus. Alat pencetak tersebut membuat bentuknya tampak lebih rapi.

Reporter : sausan de ananda

ARTIKEL REKOMENDASI

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *