by

Tidak Hanya Sebagai Bahan Penyedap Rasa, Ini Manfaat Rempah – Rempah Untuk Kesehatan Tubuh

Sumber : shutterstock

BOGORONLINE.com, Bogor – Sejak zaman nenek moyang, masyarakat Indonesia mempercayai bahwa sajian makanan akan terasa enak dan sedap jika mencampurkan rempah – rempah ke dalam masakannya. Rempah – rempah merupakan suatu bagian dari tanaman yang memiliki aroma yang kuat dan khas. Tidak hanya di kenal sebagai bumbu penyedap rasa yang melimpah, rempah – rempah Indonesia juga di kenal  sebagai obat tradisional tertentu serta memiliki segudang manfaat untuk kesehatan tubuh.

Di Indonesia sendiri rempah sangat beragam. Mulai dari bawang, kayu manis, cengkeh, pala, jahe, kapulaga, kencur, dll.  Rempah – rempah tersebut mengandung banyak khasiat yang bisa melawan berbagai penyakit yang berasal dari virus, bakteri maupun jamur. Berikut manfaat rempah – rempah untuk kesehatan tubuh.

1. Kencur, mengobati batuk hingga meredakan stres

Manfaat rempah – rempah yang bisa kamu rasakan selanjutnya datang dari kencur, atau mungkin banyak yang mengenalnya lewat beras kencur. Rempah ini sering digunakan untuk memberikan kesegaran pada sayuran berkuah bening seperti bayam dengan jagung bening atau digunakan sebagai bahan utama pembuatan jamu. Bukan hanya itu, kencur juga ternyata mengandung banyak manfaat karena tingginya kandungan minyak atsiri di dalamnya.  Manfaat rempah – rempah ini diantaranya dapat mengobati batuk, menghilangkan stres sampai mengobati diare. Pasalnya, kencur memiliki kandungan zat sitotoksik dan anti-bakteri.

2. Kunyit, melawan peradangan

Siapa yang tidak kenal rempah – rempah ini? selalu menjadi andalan dalam menyedapkan masakan. Kunyit mengandung senyawa yang disebut kurkumin, senyawa yang memiliki efek antiradang. Bahkan, diperkirakan khasiat antiradang kurkumin tersebut bisa di sandingkan dengan beberapa obat antiradang. Sebagai informasi, peradangan dapat menjadi faktor penyebab dari berbagai kronis.

3. Jahe merah, membantu atasi mual dan meningkatkan nafsu makan

Rasa mual karena perut bergas bisa ikut menurunkan nafsu makan. Pasalnya, perut menjadi terasa tidak nyaman. Jika kamu sering mengalami hal tersebut, kamu bisa coba mengatasinya dengan mengonsumsi jahe merah. Salah satu manfaat rempah – rempah untuk kesehatan adalah membantu menghilangkan gas berlebih di saluran usus, sehingga dapat membantu menghilangkan mual selama kehamilan atau kemoterapi. Selain itu, tanaman herbal ini juga bermanfaat untuk meningkatkan nafsu makan.

4. Kapulaga

Rempah yang manis dan mempunyai bau yang kuat ini, ternyata memiliki khasiat untuk mengatasi sakit perut dan juga bisa melawan inflamasi (peradangan). Dari seluruh rempah – rempah kapulaga memiliki kandungan mineral zinc dan magnesium yang sangat tinggi.

5. Bawang Putih

Bawang putih memiliki kandungan allicin yang berfungsi mengurangi risiko penyakit jantung. Sering mengkonsumsi bawang putih juga bisa berkhasiat mengatasi kolesterol dan darah tinggi. Namun untuk mendapatkan kandungan allicin tersebut, kamu harus menghancurkan bawang atau memotongnya.

6. Kayu manis

Rebusan air dan kayu manis. Ramuan bahan alami ini mampu meredakan rasa nyeri saat haid juga menenangkan perut dari kontraksi. Bahkan di katakan bahwa ramuan ini dapat mengurangi frekuensi muntah dan rasa mual yang parah saat PMS.

Reporter : Sausan de Ananda

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed