by

Bapemperda Akan Evaluasi Pelaksanaan Perda

BOGORONLINE.COM, CIBINONG – Badan Pembentukan Peraturan Daerah (Bapemperda) tidak ingin menjadi alat kelengkapan DPRD yang hanya menerima usulan pembentukan peraturan daerah. Mulai tahun ini, Bapemperda akan menjalankan fungsi evaluasi terhadap penerapan Perda yang sudah disahkan.

Ketua Badan Pembentukan Peraturan Daerah (Bapemperda) DPRD Kabupaten Bogor, M. Rizky menjanjikan akan menjalankan fungsi evaluasi terhadap penerapan sejumlah peraturan daerah. Sejauh ini, Bapemperda hanya terlibat dalam pembahasan draft perda yang diusulkan ekskutif atau menyusun draft perda insiatif DPRD.

“Mulai tahun ini, kita akan menjalankan fungsi evaluasi. Kita akan mengukur efektifitas perda pasal perpasal,” ujarnya.

DPRD, kata dia, akan merekrut akademisi sebagai tenaga ahli. Dengan demikian, kata dia, Bapemperda akan mendapat masukan yang lebih komprehensif untuk mengkaji efektifitas pelaksanaan Perda. “Kalau penegakan berupa sanksi itu kan kewenangannya ada di Satpol PP. Nah, Bapemperda ini yang akan mengukur efektifitas perda tersebut,” katanya.

Jika memang terasa tidak efektif, sambungnya, Bapemperda nanti akan merekomendasikan revisi. “Jadi kita ingin menjalankan fungsi Bapemperda supaya lebih bertaring lagi,” cetusnya (*)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *