by

Kades Duduh Gerakan Warga Tanam Herbal di Lahan Kosong

Bogor – Kepala Desa Megamendung kecamatan Megamendung, Kabupaten Bogor, Duduh Manduh, masyarakat sekitar hutan di Desa Cikarapyak memanfaatkan lahan kosong untuk menanam tanaman tanaman rempah rempah baikn untuk konsumsi sendiri atau dijadikan mata pencarian. Hal tersebut disampaikan pada saat Pengobatan geratis yang diselenggarakan oleh Yayasan Yardis dan Himpunan Petani Milenial Indonesia HPPMI, Jumat (26/2/2021)
“Desa Megamendung memiliki wilayah hutan yang sangat luas. Saya berharap dibawah tegakan pohon hutan bisa dimanfaatkan untuk tanaman rempah – rempah dan herbal agar bisa dikonsumsi sendiri bahkan bisa dijual untuk tambahan penghasilan “, harapnya.
Dalam kesempatan itu, Duduh juga berharap agar pihak penyelenggara bisa memberikan arahan kepada warga tentang bahan bahan dari tanaman apa saja yang bisa dimanfaatkan untuk obat obatan tradisional dan herbal.
Ditempat yang sama Ketua Umum HPPMI, Aldi Supriyadi menambahkan . Untuk pencegahan segala penyakit diperlukan makanan sehat yang dihasilkan dari tumbuhan dedaunan, biji bijian, maupun buah buahan.
“Semua jenis virus penangkalnya ada pada buah buahan, biji bijian daun dan rempah , untuk itu sangat baik bagi kita untuk menjaga imun dengan hasil bumi yang kita tanam sendiri.” Imbaunya.
Aldi menambahkan, dengan adanya pengobatan geratis ini sebagai program kerja pengabdian HPPMI agar masyarakat petani memiliki pengetahuan tentang keutamaan tanaman untuk menjaga imun petani .
“dalam cuaca tidak menentu sekalipun petani harus selalu sehat , kehujanan di ladang, terik matahari tidak menghentikan pengabdian petani untuk menghasilkan makanan untuk kebutuhan hidup manusia.” Tegasnya. (Men)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *