by

DPRD Kota Bogor Siapkan Raperda Santunan Kematian

BOGORONLINE.com, Tanah Sareal – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Bogor tengah menggodok Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) tentang Santunan Kematian bagi Masyarakat.

Raperda yang merupakan inisiatif DPRD tersebut untuk meringankan beban bagi masyarakat terutama kurang mampu yang keluarganya meninggal dunia.

“Tujuan dari raperda santunan kematian ini adalah untuk membantu masyarakat tidak mampu ketika mereka kehilangan anggota keluarganya,” kata Ketua Panitia Khusus Anna Marian Fadhilah usai rapat dengar pendapat dengan sejumlah elemen masyarakat di gedung DPRD, Jumat (19/2/2021).

Adapun jenis santunan tersebut adalah biaya pemakaman dan uang duka. Dalam regulasi ini, sambung Anna, mengatur juga beberapa santunan tidak diberikan kepada masyarakat yang meninggal akibat diantaranya bunuh diri, penggunaan narkotika dan meninggal dalam tindak kejahatan.

Dijelaskan olehnya, bahwa raperda tersebut masih perlu pembahasan lebih lanjut berkaitan persyaratan termasuk besaran santunan yang belum dicantumkan.

Untuk itu, pihaknya membuka ruang masukan dari masyarakat dan juga dinas terkait.

“Pada prinsipnya kami ingin tepat sasaran dan mudah diakses oleh masyarakat,” imbuh Anna.

Lebih lanjut kata politisi PKS itu, beberapa daerah yang sudah memberlakukan aturan tersebut diantaranya Kota Depok, dengan besaran santunan kematian sebesar Rp2 juta.

Anna menargetkan raperda itu rampung pada tahun ini termasuk terbitnya aturan turunannya, perwali.

“Di Kota Bogor, data Disdukcapil untuk angka kematian pada tahun 2020 berjumlah 3.404 orang. Tapi ini semua kategori bukan berarti warga kurang mampu saja,” terangnya.

Dalam kegiatan ini, Anna mengungkapkan, pansus mendapat usulan pengadaan lahan pemakaman umum di wilayah Kecamatan Bogor Bogor diluar masukan yang dimuat dalam raperda.

“Lahan pemakaman memang tidak masuk dalam raperda, tapi itu menjadi perhatian kami DPRD dan tentunya akan didorong,” ucap wanita berhijab itu. (Hrs)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *