by

Pandemi Covid-19 Bawa Berkah Bagi Hanif Grafika

BOGORONLINE.com, Kota Bogor – Selalu ada berkah dibalik musibah. Petuah bijak itu dirasakan Ruslan Setiawan pemilik Hanif Grafika. Pandemi Covid-19 yang belum berakhir ini membawa berkah tersendiri baginya.

Pria berusia 43 tahun itu, jeli melihat peluang di bidang kesehatan hingga akhirnya sukses mengangguk untung dari usaha pembuatan swab chamber.

Ruslan mulai membuka usaha sendiri pada 2019 lalu. Ia memberanikan diri karena sudah cukup bekal baik keahlian, pengalaman kerja dan jaringan pasar di dunia grafika.

“Awal usaha itu dengan satu karyawan, dan saya operatornya, mendesain juga. Alhamdulillah, sekarang sudah bisa mempekerjakan tujuh orang karyawan,” ujarnya.

Adapun usaha yang didirikannya itu melayani digital printing dan konveksi. Selain membuka usaha, Ruslan juga mengadakan pelatihan kepada mitra kerja untuk pengembangan usaha di sejumlah wilayah.

Menurutnya, kesusksesan tidak datang begitu saja melalui proses panjang dan butuh waktu. Baginya, kunci sukses itu yang penting adalah fokus, menjaga kualitas dan amanah.

“Dan yang membedakan di sini itu orang banyak lebih tahu pekerjaannya ‘tahu bulat’ semua. Misalkan, pesan sore, malam pengen beres. Tapi tetap kita layani,” sambungnya.

Di masa pendemi ini, Ruslan bersyukur usahanya semakin menggeliat setelah menangkap peluang di bidang kesehatan. Bahkan ia harus menambah jumlah pekerja.

Saat ini, ia tengah kebanjiran pesanan swab chamber atau bilik periksa swab dari berbagai daerah. Alhasil, omset yang diraih pun melonjak drastis hingga puluhan juta dalam sebulan.

“Iya, di sini juga bisa dibilang palu gada. Apa yang diperlukan, ada,” ucapnya.

Diketahui, Hanif Grafika berlokasi di Jalan Artzimar II RT07 RW01 No. 92, Kelurahan Tegal Gundil, Kecamatan Bogor Utara, Kota Bogor. Nah, bagi yang tertarik dengan layanan digital printing dan konveksi bisa juga menghubungi via WhatsApp 087874126115. (Hrs)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *