Besok Ada Perbaikan Pipa di Caringin, Tirta Pakuan Imbau Pelanggan Zona 1 Tampung Air

BOGORONLINE.com, Caringin – Perumda Tirta Pakuan Kota Bogor merencanakan perbaikan pipa ACP 21″ di Jl Raya Ciawi-Sukabumi deket Jembatan Cikalang Kecamatan Caringin Kabupaten Bogor pada Rabu (19/5) pagi.

Perbaikan pipa transmisi air baku jalur Sumber Mata Air Tangkil ini dijadwalkan dimulai pada pukul 10:00 hingga 13:00 WIB. Namun pasokan air dari Mata Air Tangkil akan ditutup mulai pukul 08:00 WIB, untuk memudahkan proses perbaikan.

Direktur Teknik Perumda Tirta Pakuan Kota Bogor Ardani Yusuf melalui Manager NRW & Trandist Nasrul Zahar mengatakan, setelah dilakukan pencarian sejak beberapa hari lalu, titik bocor di dekat Jembatan Cikalang ketemu kemarin (17/5).

“Alhamdulillah ketemu (titik bocornya). Kita eksekusi besok (19/5). Kemungkinan sejumlah wilayah di zona 1 akan terdampak,” ujar Nasrul di lokasi titik bocor Selasa (18/5/2021).

Daerah yang berpotensi mengalami gangguan pasokan di zona 1 antara lain Jl Raya Ciawi-Sukabumi, Wangun, Harjasari, Sindangsari, Sindangrasa, sebagian Tajur. Kemudian Rancamaya, Kertamaya, Bojongkerta, Dekeng dan sekitarnya.

Nasrul menegaskan perbaikan ini merupakan upaya Tirta Pakuan untuk memaksimalkan pelayanan air bersih kepada para pelanggan, serta menghindari kemungkinan malapetaka di kemudian hari.

“Harus diperbaiki. Kalau dibiarkan kita khawatir akan terjadi longsor atau pipa terbelah,” kata mantan Manager Perawatan itu.

Nasrul mengimbau pelanggan untuk menampung air karena potensi gangguan pasokan air bersih saat pemulihan atau recovery pengaliran bisa berlangsung 4-7 hari.

“Pasokan air tidak sertamerta langsung mengalir ketika perbaikan selesai. Kita masih ada proses normalisasi pengaliran untuk buang udara yang terjebak di dalam pipa. Untuk zona 1, biasanya agak lama, bisa satu minggu, karena kontur tanah zona 1 yang berbukit-bukit,” jelas Nasrul.

Tirta Pakuan telah menyusun langkah antisipatif untuk meminimalisir gangguan pasokan ke pelanggan.

Nasrul menjelaskan, tim Pengaliran akan memaksimalkan volume Reservoir Rancamaya pada Selasa malam (18/5). Sehingga saat pasokan air dari Tangkil ditutup, air dari reservoir bisa didistrubusikan ke daerah Rancamaya, Dekeng hingga sebagian Cipaku.

Petugas juga akan memaksimalkan pompa Intan Pakuan yang pasokan airnya dari Reservoir Cipaku 9000 M3 untuk menyuplai air ke wilayah Intan Pakuan hingga Sukasari.

Tirta Pakuan juga telah menyiagakan armada tangki yang siaga di titik-titik terdampak gangguan.

Masyarakat bisa menghubungi Call Center 0251-8324111 atau chat WA 08111182123 untuk pemesanan tangki gratis. (*)

ARTIKEL REKOMENDASI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *