M Ichsan Ingatkan 2 Hal Ke Ridwan Kamil Terkait Masalah Sampah

Bogoronline.com – Gubernur Jawa Barat (Jabar) Ridwan Kamil mengajak para kepala daerah kota dan kabupaten serta masyarakat untuk sama-sama menjaga alam. Upaya tersebut dapat dilakukan melalui menamam pohon dan memilah sampah.

Hal itu diungkapkan Kang Emil –sapaan Ridwan Kamil– dalam rangka memperingati Hari Lingkungan Hidup Sedunia yang diperingati setiap tanggal 5 Juni setiap tahunnya.

Emil mencontohkan gaya hidup ramah lingkungan antara lain menanam pohon dalam program one man one tree, memilah sampah organik dan anorganik, menyetorkan sampah ke bank sampah dan mengompos sampah organik.

“Tujuannya adalah memulihkan bumi kita dalam mengatasi pemanasan global yang menyebabkan perubahan iklim,” ucapnya.

Menanggapi pernyataan Emil, anggota Komisi IV DPRD Jawa Barat, Mochamad Ichsan Maoluddin mengatakan, terkait sampah bingkai besar Jawa Barat saat ini justru ada di tempat pengolahan sampah regional yang tak kunjung beroperasi.

“Rencana Pemprov Jabar untuk segera mengaktifkan TPPAS regional di Nambo maupun di Legok Nangka harus disegerakan,” tukas Ichsan.

“Adapun secara mikro, bahwa setiap penghuni rumah yang memiliki potensi sampah itu kalau kurang lebih hitungannya setengah kilo per-hari maka akan sangat memudahkan kalau sampah itu bisa dipilah,” tutur Ichsan, Senin (07/06/2021).

Selain itu, Kampung Ramah Lingkungan (KRL) menurut M Ichsan juga sesuatu yang harus terus digagas.

“Pegiat KRL yang rata-rata ibu-ibu yang tidak ansih melakukan kegiatan itu bisa menjadikan kegiatan ini sebagai investasi tabungan yang mungkin bisa dipakai keperluan anak sekolah. Hal ini diharapkan semakin banyak KRL-KRL lain yang tumbuh di wilayah pemukiman untuk menyelesaikan masalah sampah ditingkat mikro,” tutup Ichsan.

ARTIKEL REKOMENDASI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *