by

Realisasi Samisade Desa Dayeuh Betonisasi Jalan

BOGORONLINE.com, CILEUNGSI – Bantuan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bogor yang digulirkan Bupati Ade Yasin melalui program samiliar sadesa (Samisade) kepada pemerintah desa, mulai direalisasikan. Program tersebut diperuntukkan, perbaikan sarana infrastruktur desa penerima.

Salah satu desa penerima anggaran samisade, Desa Dayeuh, Kecamatan Cileungsi, mengalokasikan pada program betonisasi, pengecoran jalan penghubung desa. Kepala Desa (Kades) Dayeuh Jamhali BJ, S.E, mengatakan, program samisade dari Pemkab Bogor, digunakan untuk peningkatan Infrastruktur jalan.

Menurut Jamhali, yang menjadi prioritas Pemdes Dayeuh, perbaikan jalan menuju balai desa yang selama ini belum terealisasi. Dengan harapan, warga dapat memanfaatkan dengan baik jika ada keperluan ke kantor pemerintah desa.

“Dalam pengerjaanya, pemerintah desa melibatkan warga sekitar, bergotongroyong membangun jalan. Dengan adanya program kerja betonisasi ini, disambut warga dengan senang hati. Warga menilai, sangat berguna untuk lingkungan,” terang Jamhali, Jumat (23/7) kemarin.

Sementara, Sekdes Dayeuh Nazamudin mengatakan, tujuan utama betonisasi dari samisade, untuk percepatan pembangunan infrastruktur jalan sehingga, akses jalan menjadi lancar. Dengan harapan, dapat mendukung pertumbuhan ekonomi di Desa Dayeuh.

“Agar pertumbuhan ekonominya tidak terhambat oleh sarana transportasi jalan yang tidak memadai. Peranan jalan perdesaan dapat berfungsi sebagai penghubung antar hunian dalam satu desa,” kata Nazamudin.

Lanjut Nanad sapaan Nazamudin, program bantuan keuangan dari APBD Kabupaten Bogor tahun 2021 yang disebut samisade itu, dalam pelaksanaan berupa betonisasi jalan spanjang 700 meter lebar 4,2 meter dan tebal 15 cm, dilaksanakan Kampung Babakan Rw 05 dan Rw 06.

Tim Monitoring dari Kecamatan Cileungsi, memantau langsung lokasi pengecoran. “Ini merupakan kehomatan kepada pemdes, karena lokasi pengerjaan pengecoran dikunjungi tim monitoring dari Kecamatan Cileungsi,” lanjut Nanad.

Program Inovasi dari Pemkab Bogor untuk mempercepat pembangunan perekonomian desa tambah Nanad, merupakan program andalan. Pasalnya, program tersebut hanya ada di wilayah Tegar Beriman.

“Kami ucapkan terima kasih kepada pemkab yang telah menggelontorkan program samisade ini, karena sangat berarti. Salah satu upaya pendukung pencapaian dalam bermartabat secara ekonomi adalah perbaikan infrastruktur jalan pedesaan,” jelas Nanad.

Namun, selain program samisade, Nanad juga berharap ada program lain, seperti pembangunan kantor desa dan bedah kampung di wilayahnya. “Kami membutuhkan kantor yang layak untuk pelayanan dan lingkungan yang indah,” pungkasnya. (soeft)

ARTIKEL REKOMENDASI

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *