by

Sejumlah PKL Blok B2 Kini Tempati Los dan Kios dalam Pasar

BOGORONLINE.com, Kota Bogor – Pedagang kaki lima (PKL) yang berada di pelataran depan Blok B2 Pasar Kebon Kembang secara bertahap telah masuk ke dalam pasar di kawasan Jalan Dewi Sartika, Kecamatan Bogor Tengah itu.

Kepala Unit Blok A dan B Pasar Kebon Kembang, Aji Firdaus mengatakan, penataan PKL yang berada di pelataran depan Blok B2 telah dilakukan sejak ia ditugaskan pada Juli 2021 lalu. Namun saat berjalan ada kebijakan baru untuk pasar non pangan pada masa PPKM Level 4.

“Karena PPKM, pasar tutup dan mulai aktif di bulan Agustus, kita kembali mengimbau pedagang meneruskan program yang sudah berjalan dengan solusi di antaranya menyiapkan tempat relokasi yang dulu memang sudah dipersiapkan juga di Blok A dan B, ada 34 tempat berupa los dan kios,” ungkap Aji, Kamis (23/9/2021).

Dari sejumlah tempat tersebut, dikatakan Aji, tercatat ada delapan pedagang yang sudah masuk ke dalam pasar dan saat ini ada satu pedagang tengah proses pendaftaran. Mereka sudah menempati los lebih dari sepekan dan kios baru dua hari lalu.

Ia memaparkan, secara kapasitas tempat relokasi bisa untuk memenuhi PKL yang ada dan cukup laik. Bahkan pihaknya terus mengikuti perkembangan setelah mereka masuk ke dalam pasar.

“Dari beberapa PKL sudah masuk kita selalu komunikasi bagaimana perkembangannya, alhamdulillah mereka bilang sedang menuju proses dan ada saja yang beli,” ujarnya.

Pihaknya juga masih memberikan kesempatan bagi pedagang yang belum untuk masuk ke dalam pasar dan diharapkan semuanya menjadi pedagang binaan Perumda Pasar Pakuan Jaya. Kepindahan PKL akan mendapat kebijakan gratis biaya sewa selama 3 sampai 6 bulan.

“Sebelum proses pindah mereka (PKL) kita ajak ke lapangan untuk melihat secara langsung tempatnya. Setelah itu mereka diberi waktu untuk berpikir dan pilih tempat sendiri,” imbuh Aji.

Aji menegaskan, bahwa area depan Blok B2 memang tidak diperbolehkan adanya aktivitas berjualan pedagang, kecuali ada program dari Perumda PPJ, semisal pada saat bulan Ramadan atau lebaran. Iapun mengatakan area tersebut sudah tidak ada aktivitas PKL.

“Iya, sudah tidak ada (aktivitas PKL), tidak ada, dan kita juga tugaskan tim K3 untuk standby untuk melakukan penertiban,” pungkasnya. (Hrs)

ARTIKEL REKOMENDASI

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *