467 Huntap di Desa Sukaraksa Dicoret Gara-gara Bankeu

Cibinong Raya651 views

 

Cibinong – Sebanyak 467 Hunian tetap (Huntap) untuk warga di Desa Sukarasa, Kecamatan Cigudeg dipastikan tidak dibangun pada 2021.

Rencana pembangunan Huntap pada lahan 32 hektare itu dipastikan tercoret menyusul adanya rasionalisasi anggaran dari Bantuan Keuangan (Bankeu) Pemerintah Provinsi Jawa Barat kepada pemerintah kabupaten Bogor sebesar Rp364 miliar, dampak defisit APBD provinsi hingga Rp5 triliun.

“Dari hasil konsolidasi antara Pemkab Bogor dengan Pemprov Jawa Barat, karena APBD tingkat I mengalami defisit hingga Rp5 triliun, maka beberapa mata anggaran yang bersumber dari bantuan keuangan seperti Huntap untuk pengungsi asal Kecamatan Sukajaya itu ditiadakan atau dihapus,” kata Kepala Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Kabupaten Bogor Ade Jaya Munadi, Senin (4/10).

Ade menyampaikan, selain Huntap yang leading sektornya Dinas Perumahan Kawasan Pemukiman dan Pertanahan (DPKPP), kegiatan di Dinas Pertanian, Holtikultura dan Perkebunan (Disranhorbun) dan Dinas Pendidikan juga dihapus.

“Tak hanya pembangunan Huntap, bantuan alat-alat pertanian dan sejenis hingga pembangunan ruang kelas juga dihapus. Saat ini kami masih membahas hal tersebut dan mengantisipasi kedepannya,” terangnya.

Sementara, Kepala Badan Perencanaan, Pembangunan Penelitian dan Pengembangan Daerah (Bappeda Litbang) Kabupaten Bogor Suryanto Putra menjelaskan, dari nilai bantuan keuangan (Bankeu) dari Pemprov Jawa Barat Rp364 miliar, bakal berkurang sekitar Rp249 miliar.

“Nilai Bankeu dari Pemprov Jawa Barat dikurangi hingga Rp249 miliar hingga anggaran yang tersisa sekitar Rp115 miliar dan pagu anggaran yang ‘aman” itu tinggal proyek Jalan Kiarabeha-Pasir Madang-Cileuksa dan pembangunan RSUD Bogor Utara,” jelasnya

ARTIKEL REKOMENDASI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *