Rumpin Dianggap Miliki Skor Lebih untuk Dijadikan Ibu Kota Kabupaten Bogor Barat

 

Cibinong – Kecamatan Rumpin, kabupaten Bogor dianggap memiliki skor lebih tinggi daripada kecamatan Leuwiliang untuk dijadikan sebagai calon ibu kota kabupaten Bogor barat.

Pasalnya, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bogor, mengusulkan dua calon kecamatan untuk dijadikan Ibu Kota Bogor Barat yaitu, Leuwiliang dan Rumpin.

Tokoh agama di Rumpin, KH Ahmad Thoilah mengaku, Kecamatan Rumpin memiliki nilai lebih tinggi daripada Leuwiliang. Ia menganggap, Rumpin terus berkembang dalam segala aspek.

“Mulai dari ketahanan pangan dan lainnya, apalagi saat rumpin sudah banyak kemajuan,’’terang Mantan Ketua MUI Kecamatan Rumpin.

Sementara, ketua APDESI Kecamatan Rumpin, Mad Harun menuturkan, wilayah Rumpin memiliki tanah HGU seluas 855 hektar, sehingga pantas untuk dijadikan ibu kota.

“Di Kecamatan rumpin selatan dari lima desa ada tanah HGU seluas 855 hektar. Namun dari lima desa, hanya desa cibodas yang paling luas,’’kata Mad Harun yang juga menjabat sebagai Kepala Desa Cibodas.

Selain itu, Mad Harun mengaku, penempatan Ibu Kota kabupaten Bogor Barat di Rumpin ini dianggap sangat strategis, selain datar, terdapat beberapa situ dan mata air serta akses transfortasi utama ini juga menghubungkan ke beberapa kecamatan.

“Yang pasti saya mendukung rumpin jadi ibu kota bogor barat, karena di wilayah selatan kecamatan rumpin sangat strategis, lokasinya pun juga datar,’’terang Mad Harun.

Terpisah Camat Rumpin Ade Zulfahmi menyampaikan, saat ini Kecamatan Rumpin dan Leuwiliang masuk usulan Pemerintah Kabupaten Bogor. Namun jika dilihat dari scor rumpin lebih unggul dari Kecamatan Leuwiliang.

“Namun dari sisi scor rumpin lebih unggul ketimbang leuwiliang. Melihat dari lokasi, rumpin ini memang datar dan mudah mengakses ke beberapa kecamatan,’’tutur Ade Zulfahmi.

Ade berharap Kecamatan Rumpin, ditunjuk ibu Kota Bogor Barat agar bisa mendongkrak perekonomian insfratruktur dan pembangunan yang ada.

“Namun saya lihat rumpin ini, bisa kemana-kemana. Dari selatan bisa ke leuwisadeng dan leuwiliang lintas desa gobang dan leuwibatu. Sedangkan desa cidokom bisa mengakses ke Ciampea dan Cibungbulang,’’ucap Ade.

Diutara dan tengah, sambungnya, bisa mengakses dari Desa Kampung Sawah ke Ciseeng dan Parung selanjutnya ke ATS, selanjutnya dari rumpin utara, bisa mengakses ke Gunungsindur, Parungpanjang hingga Tangerang Selatan.

“Rumpin ini strategis untuk ibu kota bogor barat, karena sebelumnya cigudeg yang ditunjuk. Namun rawan bencana, hingga rumpin lebih unggul scor dari Lewiliang,’’pungkasnya. (Mul)

 

ARTIKEL REKOMENDASI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *