KPU Perpanjang Pendaftaran PPS hingga 30 Desember 2022, Kota Bogor sudah Tembus 650 pendaftar

BOGORONLINE.com – Komisi Pemilihan Umum (KPU) memberikan kesempatan bagi masyarakat untuk mendaftar menjadi penyelenggara pemilu tahun 2024 pada tingkat kelurahan atau desa.

Hal itu terlihat saat KPU Kota Bogor menyampaikan sosialisasi kepada pemilih perempuan yang tergabung dalam Perkumpulan Organisasi Wanita (POW) di Kelurahan Baranangsiang, Kecamatan Bogor Timur, Sabtu (24/12/2022).

Perpanjangan ini dilaksanakan secara nasional di seluruh Indonesia menyusul diterbitkannya SK KPU RI Nomor 534 Tahun 2022.

“Pendaftaran calon anggota Panitia Pemungutan Suara (PPS) diperpanjang hingga 30 Desember 2022,” ungkap Ketua KPU Kota Bogor, Samsudin.

Ia menambahkan, pendaftaran PPS dilaksanakan secara online melalui aplikasi SIAKBA. “Dengan pendaftaran melalui online, KPU memberi kesempatan terbuka dan sama bagi seluruh masyarakat yang memenuhi syarat untuk mendaftar dan berkesempatan menjadi PPS,” kata Samsudin.

Sementara Anggota KPU Kota Bogor Divisi SDM dan Parmas, Dian A Yamin menjelaskan, sampai saat ini proses pendaftaran masih terus berlangsung, dengan pendaftar yang terdata terakhir berjumlah 650 orang.

“Hingga Sabtu sore pendaftar sudah menembus angka lebih dari 650 pendaftar dari 68 kelurahan se-Kota Bogor,” kata Dian.

Pihaknya optimis pendaftar akan terus bertambah mengingat waktu pendaftaran diperpanjang. “Saya yakin pendaftar masih akan terus meningkat jumlahnya.”

Setelah proses pendaftaran ditutup dan pendaftar dinyatakan lolos seleksi administrasi, mereka akan mengikuti serangkaian tes mulai dari tes tertulis dengan berbasis komputer atau CAT (computer assisted test) pada 6 sampai 11 Januari 2023.

Kemudian tes wawancara yang dilaksanakan pada 15 sampai 17 Januari 2023. Untuk selanjutnya dipilih tiga anggota PPS di setiap kelurahan.

Secara keseluruhan, KPU Kota Bogor akan menetapkan 204 orang untuk bertugas menjadi PPS di 68 kelurahan.

“Dengan proses seleksi yang terbuka dan profesional, kita berharap akan mendapatkan anggota PPS terbaik di setiap kelurahan untuk menyukseskan pemilu 2024,” imbuh Samsudin. (Hrs)

ARTIKEL REKOMENDASI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *